Angin Kencang Landa Yogyakarta, Ratusan Pohon Tumbang dan Puluhan Rumah Rusak

oleh -281 Kali Dibaca
Petugas bersama masyarakat saat membersihkan pohon tumbang dampak hujan disertai angin kencang yang melanda Provinsi DI Yogyakarta, Minggu siang, 8 Desember 2019. [Foto BNPB | Rienews]

RIENEWS.COM – Puluhan rumah warga alami kerusakan dan ratusan pohon tumbang akibat dampak hujan disertai angin kencang yang melanda wilayah Provinsi Yogyakarta, Minggu 8 Desember 2019. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta melaporkan dua warga terluka.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo menyebutkan, berdasarkan laporan Pusdalops BPBD DI Yogyakarta, hujan yang disertai angin kencang terjadi pada pukul 13.00 WIB, melanda 125 titik di 28 Kecamatan wilayah Provinsi Yogyakarta.

Di Kabupaten Sleman, angin kencang terjadi di 57 titik pada 12 kecamatan. Dampaknya, dua warga terluka-telah dibawa ke rumah sakit, 61 pohon tumbang, 32 unit rumah rusak. Selain itu, delapan akses jalan tertutup, dan tujuh jaringan listrik alami kerusakan, dan tiga jaringan telepon turut terimbas dampak hujan disertai angin kencang.

Baca Berita:

Buntut Pemutusan Listrik di PDAM Tirta Malem, Ini Penjelasan Bupati Karo

Ini Salah Satu Rahasia Sehat Bupati Karo

Agus mengungkapkan, dampak hujan disertai angin kencang juga menyebabkan dua fasilitas umum turut alami kerusakan, serta tidak tempat usaha. Selain longsor juga terjadi longsor yang menyebabkan satu rumah warga rusak.

Data di Kabupaten Bantul yang terdampak hujan disertai angin kencang, sebut Agus, terjadi di 43 lokasi di empat kecamatan, 41 pohon tumbang, 17 akses jalan terganggu, 10 jaringan listrik turut alami kerusakan dan 12 unit rumah rusak serta enam jaringan telepon turut terdampak. BPBD DIY turut melaporkan kerusakan dua banguan roboh, satu penerangan jalan umum dan satu fasilitas pemerintah.

Sementara di Kabupaten Gunungkidul, dampak hujan disertai angin kencang dilaporkan tiga pohon tumbang, satu unit fasilitas umum dan satu unit rumah warga. Sedangkan di Kota Yogyakarta, BPBD DI Yogyakarta melaporkan lokasi hujan disertai angin kencang terjadi di 19 lokasi pada delapan kecamtan, menyebabkan tiga unit rumah rusak, dua akses jalan terganggu dan satu jaringan telepon turut rusak, serta dua unit kendaraan roda dua dan satu unit kendaraan roda empat juga alami kerusakan.

Di Kabupaten Kulonprogo, dilaporkan hujan disertai angin kencang terjadi di dua lokasi di dua kecamatan, menyebabkan satu unit rumah rusak, dan jaringan telepon turut alami kerusakan.

“Proses Penanganan sementara dihentikan, dilanjutkan hari Senin 9 Desember 2019.  Penanganan dilakukan oleh petugas BPBD, instansi terkait, relawan dan masyarakat,” kata Agus, Minggu malam.  (Rep-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *