Boulevard Kotabaru, Wajah Baru Yogyakarta

oleh -532 Kali Dibaca
Seorang perempuan melintasi kawasan Boulevard Kotabaru, Jalan Suroto, Kota Yogyakarta.

KAWASAN heritage Kotabaru, Kota Yogyakarta, berbenah. Boulevard Kotabaru yang membelah Jalan Suroto sepanjang 580 meter dari ujung pertigaan Jalan Sudirman hingga pertigaan Stadion Kridosono direvitalisasi.

Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X bersama Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti meresmikan kawasa Boulevard, Jumat malam, 21 Desember 2018.

Area teduh dengan jajaran pepohonan perindang dipercantik dengan petak-petak taman. Juga bunga-bunga anggrek warna warni yang dipadukan dengan tanaman pakis tanduk rusa yang dilekatkan pada batang-batang pepohonan.

Sejumlah kursi panjang dari kayu berkaki besi dipasang di beberapa ruas boulevard. Menjadi fasilitas buat anak-anak muda yang hobi nongkrong di tempat-tempat umum.

Pemandangan di kawasan Boulevard Kotabar, Kota Yogyakarta.

Area tersebut juga disediakan akses bagi difabel berupa jalur kuning dengan pola timbul untuk panduan difabel netra dan ram atau bidang miring untuk akses kursi roda. Ruang terbuka hijau itu pun tak sekedar untuk publik, melainkan ruang publik yang inklusif, bukan ekslusif. Artinya bisa dimanfaatkan siapa saja.

Pemandangan di kawasan Boulevard Kotabar, Kota Yogyakarta.

Asalkan dijaga kebersihannya dengan membuang sampah di kotak-kotak sampah yang telah disediakan, tidak merusak dan melakukan aksi vandalisme, serta dijaga kenyamanannya.

Kursi panjang yang disediakan di antara dua ruas jalur jalan, perboden, Jalan Suroto, Kotabaru, Kota Yogyakarta.

Boulevard Kotabaru diresmikan Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono, Jumat, 21 Desember 2018,  malam lalu. Sultan dan Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti berharap boulevard itu bisa dimanfaatkan bagi warga dan wisatawan menyambut pergantian tahun 2018 menuju 2019.

Foto & Naskah: Gustin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *