Bupati Karo Ajak Masyarakat Lestarikan Adat Karo

oleh -481 Kali Dibaca
Mantan Menteri Kehutanan MS. Kaban, Bupati Karo Terkelin Brahmana, Layari Sinukaban saat menghadiri resepsi pernikahan putri PT. Em. Dr Putra Karo-Karo Kaban , Sabtu 25 Januari 2020. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Bupati Karo Terkelin Brahmana mengajak masyarakat khususnya warga suku Karo untuk melestarikan adat budaya Karo.

“Tidak memandang siapa dia, baik jabatannya, profesinya, pangkatnya, kaya atau miskin. Jika aturan adat harus menghormati kalimbubu, sembuyak dan anak beru, harus kita jalankan dan patuhi. Kita sebagai suku Karo harus menanamkan kembali kepada anak-anak milenial, supaya budaya Karo tidak luntur dan hilang,” ujar Terkelin.

Hal ini diungkapkan Terkelin Brahmana saat menghadiri pesta pernikahan putri pasangan PT. Em. Dr Putra Karo-Karo Kaban dan  Elly Afrida br Ginting, Sabtu 25 Januari 2020, di Gedung Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Timur. Resepsi pernikahan itu menyuguhkan adat budaya Karo.

Baca Berita:

Muhammadiyah Keluarkan Fatwa Vape Haram

Soal Jalan Baru Medan-Berastagi, Bupati Karo Kirim Surat ke Ketua DPRD Sumut

“Kita suku Karo tidak akan pernah lepas dari kearifan lokal dan budaya Karo. Zaman dulu hingga sekarang  nenek moyang telah mewariskan suatu aturan atau adat yang kita kenal merga silima tutur siwaluh rakut sitelu perkaden kaden sepuluh dua tambah sada, sebagai pengikat dalam hubungan berinteraksi secara vertikal dan horizontal dalam wadah suku Karo khususnya,” katanya.

Resepsi pernikahan tersebut turut dihadiri mantan Menteri Kehutanan M.S. Kaban dan mantan anggota DPRD Sumatera Utara Layari Sinukaban, dan Asisten I Pemkab Karo Suang Karokaro, Kabid Pertamanan PUPR Karo Baron Kaban.

“Terima kasih kepada Bupati Karo bersama yang lainnya atas kehadirannya dalam prosesi adat anak saya, Gloria Peremita br Kaban dengan Mahendra Ginting,” kata Putra Karokaro Kaban. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *