Bupati Karo dan Ketua DPRD Karo Tinjau Rutan Kelas IIB Kabanjahe

oleh -157 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana menyerahkan bantuan masker kepada Kepala Rutan Kelas IIB Kabanjahe Enjat Lukmanul Hakim. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM –  Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Ketua DPRD Karo Iriani Tarigan meninjau kondisi rumah tahanan (Rutan) Kelas IIB Kabanjahe, Jalan Bhayangkara, Rabu 29 April 2020.

Pada 12 Februari 2020, sejumlah narapidana mengamuk dan membakar Rutan Kelas IIB Kabanjahe. Pasca kerusuhan itu, rencana pemindahan Rutan Kelas IIB Kabanjahe kembali digulirkan.

Dalam peninjauannya, Terkelin mengungkapkan rencana pemindahan Rutan Kelas IIB Kabanjahe saat ini terkendala administrasi. Bupati Karo menegaskan, Pemkab Karo bersama DPRD Karo membantu pemindahan Rutan Kelas IIB Kabanjahe.

“Surat pengajuan pengadaan lahan Lapas baru sebelumnya sudah ada. Namun secara administrasi belum memenuhi kriteria. OPD secara teknis membahasnya,” ujar Terkelin.

Dikatakannya, sudah selayaknya Rutan Kelas IIB Kabanjahe dipindahkan.

Baca Berita: 

Bupati Karo Tabur 6.000 Benih Ikan Nila di Kolam Poktan Arih Ersada

Dampak Lahar Dingin Gunung Sinabung, Jembatan Kutambaru Rusak

“Mengingat kejadian sebelumnya bahwa faktor kebakaran salah satu karena over kapasitas. Tentu ini harus kita pikirkan bersama-sama. Sifatnya sudah mendesak dan mendukung program pemerintah dalam situasional kondusifitas daerah,” ungkap Terkelin.

Di kesempatan itu, Terkelin menekankan bahwa pihak Rutan menjamin dana pembangunan Rutan yang baru di areal lokasi lahan yang nantinya dihibahkan Pemkab.

“Seandainya pengadaan lahan direalisaiskan oleh Pemda Karo dan DPRD Karo, pihak Lapas harus membuat jaminan bahwa dana pembangunan ready,” katanya.

Ketua DPRD Karo Iriani Tarigan menyatakan, pada prinsipnya DPRD Karo mendukung alokasi lahan untuk Rutan baru.

“Sepanjang sesuai ketentuan dan didukung oleh Forkopimda,” tegas Iriani.

Kepala Rutan Kelas IIB Kabanjahe, Enjat Lukmanul Hakim menyatakan akan merespons tentang pemindahan Rutan.

“Segera saya layangkan surat susulan sesuai administrasinya, sekaligus jumlah sasaran yang kami butuhkan. Rencana untuk Rutan kelas IIB Kabanjahe sesuai ketentuan tiga haktare. Namun di samping itu sarana dan prasarana rumah pegawai dan kalapas, minimal satu haktare. Jadi selanjutnya, kita daur ulang surat permohonan menjadi tiga hingga empat haktare,” ungkap Enjat.

Beri Bantun Masker

Dalam peninjauan tersebut Bupati Karo memberikan bantuan masker kepada Rutan Kelas IIB Kabanjahe, sebagai upaya pencegahan penularan virus corona (Covd-19) di lingkungan Rutan.

Bupati berpesan kepada Kepala Rutan Kelas IIB Kabanjahe, Enjat Lukmanul Hakim untuk memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan melawan virus corona.

“Perhatian kita terhadap napi harus dicek, (sesuai) protokolan kesehatan yang dianjurkan pemerintah,” ujar Terkelin.

Enjat Lukmanul Hakim menjelaskan, dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, pihak Rutan Kelas IIB Kabanjahe menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah.

“Kita sudah terapkan dan patuhi dalam situasi Covid-19. Tentu para napi kita kurangi di dalam Rutan, selebihnya napi ditempatkan dalam titipan ruangan Polres Tanah Karo,” katanya.

Dalam penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19, Enjat menerangkan, sejak 23 Maret 2020, layanan kunjungan ditiadakan. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *