Cegah Virus Corona, Pemkab Karo Sidak Perusahaan Pekerjakan TKA

oleh -130 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana meninjau langsung perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja asing di kawasan Desa Kandibata, Kabanjahe, Senin 16 Maret 2020. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono, Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batubara dan sejumlah pejabat Pemkab Karo, Senin 16 Maret 2020, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke perusahaan yang mempekerjakaan tenaga kerja asing (TKA) di kawasan Desa Kandibata, Kecamatan Kabanjahe.

Sidak dilakukan Pemkab Karo guna memastikan keberadaanTKA di perusahaan, PT Karo Bumi Energi dan PT. Ala Bama Energy. Dari peninjauan langsung ke lokasi perusahaan itu, Terkelin menegaskan agar perusahaan melaporkan keberadaan TKA.

“Setelah kita pantau langsung tadi bahwa tidak ada TKA yang lain masuk ke wilayah Kabupaten Karo khususnya di Kandibata tempat  lokasi perusahaan tenaga listrik tersebut. Ini bertujuan menjaga khawatiran masyarakat setempat. Lebih itu, kita bersama Forkopimda tadi menekankan kepada perwakilan PT. Karo Bumi apabila ada TKA yang baru masuk segera laporkan kepada Kepala desa Kandibata supaya tertib administrasi. Disosialisasikan ke masyarakat agar  jangan ada masyarakat setempat khawatir adanya TKA yang terpapar virus Corona (Covid-19) sehingga berdampak menjadi isu, hoaks yang belum tentu kebenarannya,” imbuh Terkelin.

Simak Berita: Usai Masa Observasi, 5 TKA Tiongkok Dinyatakan Negatif Virus Corona

Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono menekankan kepada pihak perusahaan yang memperkerjakan TKA supaya terlebih dahulu melengkapi dokumen-dokumen administrasi TKA, salah satunya  Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) dan pemeriksaan kesehatan dari Dinas Kesehatan.

Kapolres menganjurkan agar perusahaan turut melibatkan Bhabinkamtibmas (Polri) dan Babinsa (TNI) dalam pendataan TKA yang bekerja.

Baca Berita: 

Legiun Veteran Karo Gelar Upacara HUT ke-63 Tahun di Makam Pahlawan

Jalan Penghubung Desa Rusak, Para Nande Ajak Bupati Karo Tinjau ke Lokasi

“Sebab ini salah satu cara ampuh mencegah virus corona berkembang di tengah masyarakat agar dilakukan penanganan secepatnya jika ada TKA yang terpapar virus corona,” katanya.

Dandim 0205 /TK Letkol Inf Taufik Rizal mengungkapkan sidak yang dilakukan untuk menepis hoaks.

“Kedatangan kami bersama Forkopimda untuk menepis hoaks yang berkembang bahwa perusahan PT. Karo Bumi Energy dan PT. Ala Bama Energy banyak merekrut dan memperkerjakan TKA. Tindakan gerak  cepat  ini untuk menimalisir dan memastikan bahwa tidak ada tenaga TKA yang terpapar virus corona di PT. Karo Bumi Enegery dan PT Ala Bama Energy. Namun demikian sebagai wilayah teritorial, kami minta Babinsa dilibatkan jika ada penambahan TKA diperkajakan, untuk pendataan lebih lanjut,” kata Taufik.

Komisaris PT. Karo Bumi Energy Edwin Siburian menyambut baik saran dari Pemkab Karo menyoal keberadaan TKA. Ditegaskannya, saat ini sudah tidak ada lagi TKA baru yang masuk ke perusahaan tersebut. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *