Hadiri Rakornas Karhutla, Bupati Karo Klaim Sudah Miliki Strategi Antisipasi

oleh -218 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI M.S Fadhilah, saat menghadiri Rakornas Pengendalian Karhutla di Istana Negara, Jakarta, Kamis 6 Februari 2020. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Bupati Karo Terkelin Brahmana mengklaim sudah memiliki strategi dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Hal ini diungkapkan Terkelin usai menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2020, di Istana Negara, Jakarta, Kamis 6 Februari 2020.

Rakornas yang dibuka Presiden Joko Widodo, dihadiri Pangdam I/BB Mayjen TNI M.S Fadhilah, Bupati Karo Terkelin Brahmana, Dandim 0205 /TK Letkol Inf Taufik Rizal, Kapolres Tanah Karo AKBP Benny Remus Hutajulu, dan Kabid Rehabilitasi Rekonstruksi BPBD Karo Nius Abdi Ginting.

Simak Berita: Kualitas Udara Kota Palembang Buruk, Sekolah Diliburkan

“Sudah mempunyai strategi dalam antisipasi kebakaran hutan dan lahan,” katanya.

Terkelin membeberkan di antaranya membuat imbauan berupa spanduk yang dipasang di 17 kecamatan di Kabupaten Karo.

“Lalu pemasangan di titik rawan kebakaran hutan dan lahan,” tegasnya.

Selain itu, Terkelin bilang, Pemkab Karo tetap menjalin kerja sama dengan Polres Tanah Karo dan Kodim 0205 /TK.

“Pemda Karo sepenuhnya selalu mendukung kinerja  Kapolres Karo dalam melakukan preventif maupun reprensif terhadap pelaku Karhutla yang terjadi di wilayah Kabupaten Karo,” imbuh.

Baca Berita:

Tinjau Pelaksanaan Seleksi CPNS, Bupati Karo Tegaskan Seleksi Bebas KKN

Bupati Karo Tegaskan Seleksi CPNS Tidak Ada Titipan dan Jangan Percaya Calo

Bupati mengungkapkan, saat berbincang bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI M.S Fadhilah, yang dalam waktu dekat akan melakukan kunjungan ke Sipisopiso dan Tongging.

Dalam pembukaan Rakornas, Presiden Jokowi mengingatkan pemangku kebijakan di Tahun 2020 meningkatkan pengendalian Karhutla. Presiden Jokowi pun menegaskan, aturan main masih berlaku yakni, bagi yang tidak mampu mengendalikan dan mengatasi Karhutla, Presiden  kebakaran hutan dan lahan, Presiden Joko Widodo  akan mencopot kepala  Kapolda dan Pangdam. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *