Ini Tiga Lokasi Sementara Bagi Pedagang Pasar Berastagi

oleh -106 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama anggota DPRD Karo Dodi Sinuhaji. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM –  Penyediaan tempat sementara untuk pedagang terdampak kebakaran Pasar Berastagi, di Jalan Penghasilan, Kelurahan Tambak Lau Mulgap II, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, pada Selasa dinihari, 17 November 2020, hingga kini belum terealisasi.

Anggota DPRD Karo dari Fraksi PDIP, Dodi Sinuhaji meminta Bupati Karo Terkelin Brahmana segera merealisasikan penyediaan tempat sementara (TPS) bagi pedagang. Diungkapnya, adanya informasi (simpang siur) di masyarakat tempat sementara pedagang.

“Selaku anggota DRPD, menampung keluhan warga. Terlebih daerah pemilihan saya di Berastagi. Kapan Pemkab Karo bangun TPS. Jangan ditunda-tunda lagi. Ini sangat didambakan pedagang, karena menyangkut kelangsungan hidup,” tutur Dodi kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana, usai rapat paripurna pembacaan nota pengantar Raperda APBD Karo 2021, di Gedung DPRD Karo, Kabanjahe.

Bupati Karo Terkelin Brahmana menegaskan penyediaan tempat sementara bagi pedagang tetap dilaksanakan.

Baca Berita:

Bupati Karo Apresiasi Pencanangan Zona Anti Korupsi dan Birokrasi Bersih di Lingkup BPN

Bupati Karo-Wabup Deli Serdang Sepakat Lanjutkan Pembukaan Akses Jalan Barus Jahe-Rumah Liang

“Masalah lokasi pembangunan TPS, titiknya sudah jelas. Dinas terkait kini lakukan survei, menentukan layak tidak layak sesuai kajian yang ada. TPS tetap dilaksanakan, hanya menunggu hari dan minggu saja. Ini sudah komitmen eksekutif dan legislatif,” katanya.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Karo Edison Karo-karo menjelaskan, berdasarkan hasil rapat OPD Pemkab Karo dengan DPRD Karo, tempat sementara bagi pedagang memanfaatkan kembali bangunan bekas terbakar.

Hanya saja, sebut Edison, pemanfaatan bangunan itu memerlukan rekomendasi ahli.

“Harus ada rekomendasi ahli menyatakan bangunan tersebut dapat digunakan. Dalam hal ini sudah diajukan ke pihak USU, tinggal menuggu jawaban,” katanya.

Edison memahami keinginan para pedagang untuk segera kembali berdagang.

“Ini kami sikapi dengan segera membangun TPS dalam waktu dekat ini. Kios TPS akan dibangun di tiga; di Jalan Perniagaan, Jalan Perdangangan dan Jalan Penghasilan. Semuanya di Berastagi,” ujarnya.  (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *