Kepala BNPB Doni Monardo Akui Cita Rasa Kopi Karo

oleh -191 Pembaca
Kepala BNPB Doni Monardo didampingi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Bupati Karo Terkelin Brahmana, menyerahkan penggiling kopi kepada petani kopi merupakan korban relokasi dampak erupsi Gunung Sinabung, Jumat 18 Oktober 2019. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM – Cita rasa kopi arabika Karo kian populer. Kepala Badan Nasional Penanggulangan  Bencana (BNPN) Letjen Doni Monardo mengakui kenikmatan rasa kopi Karo.

Di sela acara peletakan batu pertama pembangunan hunian tetap (Huntap) Tahap III di Desa Siosar, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, pada Jumat pagi, 18 Oktober 2019, Doni Monardo meneguk kopi Karo.

Cita rasa kopi Karo pun disinggung Kepala BNPB dalam sambutannya.

“Kita bersyukur karena KabupatenKaro memiliki hawa sejuk. Selain itu, memiliki andalan komoditas yang saat ini tidak dapat saya lupakan yaitu kopi Karo,” tutur Doni.

“Kopi ini sungguh terasa nikmatnya. Ini (kopi Karo) harus kita populerkan. Bahwa kopi Karo layak di internasionalkan,” ungkapnya.

Baca Berita Kopi Karo

Dalam kunjungannya, Kepala BNPB Doni Monardo menyerahkan alat penggiling kopi untuk pemberdayaan ekonomi masyakarat yang direlokasi. Doni berharap perekonomian masyarakat  dapat segera kembali pulih, salah satunya dengan bertanam kopi.

Seorang petani kopi yang juga warga yang direlokasi akibat dampat erupsi Gunung Sinabung, Gerga menuturkan dirinya bersama suami kini menanam kopi. Meski awalnya sulit.

“Sulit ketika bercocok tanam pertama kali, tapi kami mencoba untuk menikmati apa yang kami peroleh,” ungkap Gerga.

Bahkan, sebut Gerga, sudah ada permintaan kopi Karo dari Jerman.

Baca Berita:

Pembangunan Huntap Tahap III, Kepala BNPB Doni Monardo Serukan Jaga Alam

Harapan Hidup Warga Karo Tinggi

“Rasa kopi di sini berbeda, mungkin karena ketinggian dan jenis tanah. Ada permintaan dari Jerman namun kami belum siap karena kami baru menanam pada tahun 2016,” katanya.

Gerga optimisme dapat membangun kembali perekenomiannya di tempat tinggal yang baru, lokasi relokasi.

Peresmian pembangunan Huntap Tahap III secara simbolis dilakukan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dengan meletakan batu pertama. Pembangunan Huntap III yang telah dimulai sejak Agustus 2019, direncanakan selesai akhir tahun ini, Desember 2019.

Hadir dalam acara peletakan batu pertama pembangunan Huntap Tahap III, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahyamadi dan Bupati Karo Terkelin Brahmana. Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty br Sebayang, Deputi I Kemenko PMK Dody Usodo, Danrem 023/KS Kolonel Inf Tri Saktiyono, Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batubara, Kepala BPBD Provinsi Sumatera Utara Riadil Akhir Lubis, dan Kalak BPBD Karo Martin Sitepu. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *