Pemkab Karo Dukung Digelarnya Latsitarda Nusantara ke-XLI Tahun 2021

oleh -112 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana, Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang dan Dandim 0205/TK Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto koordinasi jelang pelaksanaan Latsitrada Nusantara XLI Tahun 2021. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Karo, Sumatera Utara, mendukung dilaksanakannya Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitrada) Nusantara ke-XLI Tahun 2021. Rencananya, Latsitrada yang diikuti 220 taruna/i akan digelar di Kabupaten Karo, pada April 2021.

Dukungan tersebut disampaikan langsung Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang dalam pertemuan dengan Komandan Distrik Militer (Dandim) 0205/Tanah Karo Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto, Rabu 3 Maret 2021, di ruang kerja Bupati Karo.

Eko menjelaskan, Latsitarda Nusantara ke-XLI akan diikuti taruna/i dari AKMIL, AAU, AAL, AKPOL dan IPDN.

“Para taruna dan taruni dari masing-masing sekolah kedinasan; AKMIL, AAU, AAL, AKPOL dan IPDN akan disebar di wilayah Mebidangro (Medan, Binja, Deli Sedang dan Karo). Sesuai data dan informasi, personel Latsitarda Nusantara 2021 ke wilayah Karo berjumlah 220 orang. Upacara pembukaan Latsitarda Nusantara XLI akan diadakan pada tanggal 7 April 2021 mendatang bertempat di Lapangan Benteng Medan,” sebut Dandim.

Baca Juga:

UQB Pilih Bupati Karo Sebagai Pembicara Webinar Studi Hukum

HUT Kabupaten Karo ke-75 Tahun Ini Digelar Serderhana

Mengingat sasaran Latsitarda meliputi pembangunan  fisik dan non-fisik. Eko menyatakan, perlunya kolaborasi dengan Pemkab Karo.

“Untuk itu saya berkoordinasi dengan Pemda Karo. Apa yang berkaitan dengan sasaran Latsitarda Nusantara, tentu dibutuhkan kolaborasi dan kesiapan dukungan yang menyangkut target Latsitarda,” katanya.

Sasaran Latsitarda non-fisik berkaitan  dengan penyuluhan. Sedangkan bersifat fisik di antaranya bakti sosial, perbaikan fasilitas sosial (fasos), dan fasilitas umum  (fasum).

Dandim menegaskan, pelaksanaan Latsitarda di Kabupaten Karo skenario pertama.

“Dan bisa skenario kedua dilaksanakan di Belawan,” pungkas Eko.

Merespons hal tersebut, Bupati Karo Terkelin Brahmana menyatakan Pemkab Karo mendukung dilaksanakan Latsitarda Nusantara ke-XLI/2021 di Kabupaten Karo.

“Pada prinsipnya, kita siap mendukung dan menfasilitasi selama kegiatan  Latsitarda di Kabupaten Karo. Ke depan masing-masing OPD membuatkan kerangka kegiatan dan saran masukan yang dapat  bersentuhan dengan kedatangan Latsitarda, sehingga  kita berharap adik-adik taruna dan taruni yang mengikuti kegiatan di Kabupaten Karo nantinya merasa nyaman,”ujar Terkelin.

Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang menambahkan, agar OPD (organisasi perangkat daerah) tetap membuat rencana kegiatan (rengiat), walau Latsitarda belum diputuskan dilaksanakan di Kabupaten Karo.

“Paling tidak, kita sudah siapkan segala sesuatu. Bila situasi  mendadak  Latsitarda ditempatkan di Karo, maka kita sudah siap,” tegas Cory. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *