Perkuat Mitigasi Berbasis Vegetasi, Kepala BNPB dan Gubernur Maluku Tanam Pohon

oleh -103 Kali Dibaca
Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito menanam bibit pohon damar di lingkungan kampus IAIN Ambon, Maluku, Rabu 20 Oktober 2021. [Foto BNPB]

RIENEWS.COM – Dalam rangka memperkuat mitigasi bencana berbasis vegetasi, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito bersama Gubernur Provinsi Maluku Murad Ismail melakukan penanaman pohon damar di halaman kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, dan beberapa tempat lain secara bersamaan, Rabu 20 Oktober 2021.

Kegiatan penanaman pohon itu menjadi bagian dari rangkaian Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) BNPB Tahun 2021 yang dipusatkan di Kota Ambon.

Selain damar atau agathis, jenis pohon yang juga ditanam meliputi kayu putih, mangga, langsat, salawaku, agatis, lenggua, kayu besi, durian, rambutan dan kinar.

Baca Juga:

Bupati Karo Resmikan Menara Jubelium 125 Tahun GBKP

Bupati Karo Serahkan Bantuan CSR Perusahaan Korsel ke 5 Lembaga Ini

Beberapa jenis pohon tersebut adalah jenis tanaman kuat yang memiliki nilai ekonomi sekaligus bermanfaat sebagai penyangga dan pengikat tanah, sehingga dapat berfungsi untuk mitigasi dan pengurangan risiko bencana berbasis vegetasi.

Penanaman pohon tersebut juga diikuti oleh Pangdam XVI Pattimura, Kapolda Maluku, Wali Kota Ambon, Rektor IAIN Ambon, jajaran pejabat tinggi di BNPB mulai Sekretaris Utama BNPB, Inspektur Utama BNPB, Deputi Bidang Pencegahan, Plt. Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Plt. Deputi Bidang Penanganan Darurat, Plt. Deputi Bidang Logistik dan Peralatan, Tenaga Ahli BNPB serta relawan Komunitas Peduli Sungai Provinsi Ambon. (Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *