Seluruh Puskesmas di Kabupaten Karo Kini Miliki Ambulans

oleh -72 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Kepala Dinas Kesehatan Karo Irna Safrina Meliala menyerahkan 6 unit ambulans bantuan Kementerian Kesehatan kepada Puskesmas Juhar. Kutabuluh, Merdeka, Munte dan Puskesmas Lau Baleng. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kembali menyerahkan bantuan ambulans kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Bantuan ambulans dari Kemenkes diperuntukkan bagi seluruh Puskesmas di 17 kecamatan Kabupaten Karo.

Kepala Dinas Kesehatan Karo Irna Safrina Meliala mengungkapkan, total bantuan ambulans yang diterima dari Kemenkes 23 unit kendaraan.

“Tahun 2019 sudah diterima 17 unit ambulans, dan hari ini diberi tambahan 6 unit ambulans,” ujar Irna, Rabu 7 Oktober 2020.

Irna menyebutkan, Dinas Kesehatan Karo sebelumnya mengajukan sebanyak 38 unit ambulans kepada Kemenkes, namun yang diberikan 23 unit ambulans. Bantuan ambulans dari Kemenkes ini diberikan kepada Puskesmas di Kabupaten Karo, bahkan di antara Puskesmas ada yang menerima 2 unit ambulans.

“Ada beberapa Puskesmas yang mendapat 2 unit ambulans mengingat faktor dan kondisi wilayah, sehingga mereka diberikan tambahan alat sarana transportasi,” kata Irna di sela-sela menyaksikan Bupati Karo Terkelin Brahmana menyerahkan ambulans bantuan Kemenkes kepada perwakilan Puskesmas, di halaman Kantor Bupati Karo.

Baca Berita:

Sekda Karo Kembali Ingatkan Netralitas ASN di Pilbup Karo

Wagub Sumut Panen Perdana Sayuran Hidroponik BKM Baitul Makmur

Irna menyatakan, permintaan bantuan ambulans kepada Kemenkes didasari Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

“Amanat Permenkes 43/2019 bahwa setiap Puskesmas memiliki satu ambulans dan satu Pusling (Puskemas keliling). Jadi, saat ini Puskesmas di 17 kecamatan sudah memiliki ambulans sebanyak 23 unit,” ujarnya.

Dikatakannya, 6 unit ambulans bantuan Kemenkes yang baru diterima, diserahkan kepada Puskesmas Juhar 1 unit, Puskesmas Kutabuluh 1 unit, Puskemas Merdeka 2 unit, Munte 1 unit dan Puskesmas Lau Baleng 1 unit.

Bupati Karo Terkelin Brahmana mengapresiasi usaha yang dilakukan Kepala Dinas Kesehatan mendapatkan bantuan ambulans dari Kemenkes. Dengan adanya sarana transportasi ambulans di seluruh Puskesmas di Kabupaten Karo, Terkelin menegaskan pelayanan kesehatan di tingkat kecamatan semakin baik.

“Pelayanan kesehatan khususnya di tingkat kecamatan semakin baik dan apa yang telah  diberikan negara ini, maka wajib dimanfaatkan demi kemanusiaan paling utama,” tegas Terkelin. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *