Sengketa Tapal Batas Desa Wisata Air Terjun Sipiso Piso, Spanduk Larangan Masuk Diturunkan

oleh -584 Kali Dibaca
Air Terjun Sipiso Piso.

RIENEWS.COM – Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Karo Suharta menyatakan menjamin keamanan dan kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke wisata air terjun Sipiso Piso. Pernyataan ini disampaikan Suharta menyusul adanya pemasangan spanduk larangan masuk ke wisata air terjun Sipiso Piso yang berada di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, beberapa hari lalu.

Pemasangan spanduk larangan masuk kawasan air terjun Sipiso Piso menyusul adanya sengketa tapal batas antara Desa Tongging dengan Desa Pangambatan, yang sedang bergulir di Pengadilan Tata Usaha Negara Medan, dengan nomor perkara 278/G/2019/TUN Medan.

Dalam perkara pertanahan itu, penggugat Kepala Desa Tongging, Jonson Simarmata mengakui pemasangan spanduk dilakukan dan didampingi kuasa hukum.

Air terjun Sipiso Piso oleh warga Desa Tongging  sejak dulu diklaim masuk dalam wilayah desa mereka, namun kini ada klaim lokasi destinasi itu masuk wilayah Desa Pangambatan. Hal ini yang memicu sengketa.

Baca Berita:

HUT BRI ke-124 Tahun di Karo Membeludak, Bupati Akui Fans Naff

Wagubsu Lantik Pengurus IPHI Karo 2019-2024

“Masalah sengketa tapal batas itu hak mereka. Silakan mengajukan keberatan atau gugatan ke pihak penegak hukum. Tapi jangan membuat spanduk sembarangan, apalagi bertuliskan larangan masuk. Itu sangat merugikan warga setempat sendiri dan wisata Karo pada umumnya,” tegas Plt Kadis Pariwisata Karo, Suharta pada Kamis 12 Desember 2019.

Dikatakannya, pemasangan spanduk bertuliskan; Dilarang Masuk Tanah ini (Sipisopiso-Tongging) ± 5 hektar Dalam Sengketa, Perkara No. 278/G/2019/TUN Medan, memperkeruh keadaan.

Suharta mengungkapkan, pihaknya langsung menuju ke lokasi dan menurunkan spanduk.

“Dua hari yang lewat spanduk itu sudah kita turunkan. Kita juga sudah melakukan pertemuan bersama dengan Muspika Kecamatan Merek yang dihadiri Kabag Hukum, Dinas Pariwisata, Camat, dan warga Desa Pangambatan, untuk membicarakan tapal batas objek wisata tersebut,” katanya.

Suharta mengimbau para wisatawan lokal dan mancanegara tidak perlu takut dan khawatir datang ke wisata Air Terjun Sipiso-piso-Tongging.

“Wisatawan silakan datang ke air terjun Sipiso Piso dan Tongging. Kami jamin aman dan nyaman,” tegasnya. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *