Seorang Warga Terseret Lahar Dingin Gunung Sinabung

oleh -1.545 Kali Dibaca
Material lumpur di Desa Kuta Mbaru, Kecamatan Tiga Nderket, Kabupaten Karo, yang terbawa arus lahar dingin Gunung Sinabung, Rabu 10 Juli 2019. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM –  Seorang warga Desa Kuta Mbaru, Kecamatan Tiga Nderket, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, dilaporkan terseret lahar dingin dari Gunung Sinabung. Lahar dingin Gunung Sinabung, Rabu 10 Juli 2019, menerjang wilayah Desa Kuta Mbaru. Peristiwa berlangsung saat hujan mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Karo.

Laporan terkini yang diperoleh Rienews, Kamis 11 Juli 2019, warga yang terseret lahar dingin, Lidya br Surbakti berhasil menyelamatkan diri dan kini kembali bersama keluarganya.

Selain menyeret seorang warga, lahar dingin Gunung Sinabung juga menerjang lima unit rumah penduduk dan bangunan Puskesmas di Desa Kuta Mbaru.

Berita Erupsi Gunung Sinabung Klik Di Sini

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo, Martin Sitepu membenarkan terjadinya peristiwa itu. Menurut Martin, lahar dingin tersebut membawa material bebatuan, mengakibatkan aliran lahar dingin tidak  pada jalurnya, mengikuti aliran arus yang sudah ada.

Baca Berita:

Kelanjutan Sister City Zundert-Karo, Bupati Ajukan Program 4 Ini

Dua Kali Gagal, Paripurna LKPj APBD 2018 Karo Digelar

“Sehingga larinya aliran lahar dingin menerobos lokasi pemukiman warga. Sesuai laporan dari warga yang kita terima melalui Kepala Desa  Kuta Mbaru, bahwa lahar dingin menerjang pemukiman penduduk sebanyak lima rumah dan  satu Puskesmas  tergenang lumpur. Selain itu satu orang hanyut terbawa arus lahar dingin, Lidya br Surbakti, namun kabarnya selamat dari amukan lahar dingin ini. Ini setelah kita cek ke kadesnya,” ujar Martin, Kamis  siang,

Dampak lahar dingin menyebabkan berapa akses ruas jalan tidak bisa dilalui, seperti  jalan menuju kawasan Desa Selandi, Perbaji, Kuta Buluh, Sukatendel, dan Kuta Mbaru sempat tidak  bisa dilalui.

Martin menegaskan, akses jalan tersebut sudah dapat dilalui. BPBD Karo bersama Koramil dan warga secara gotong royong membersihkan material yang terbawa saat lahar dingin terjadi, Rabu kemarin. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *