Tagar Mensos Jadi Trending Topik

oleh -200 Kali Dibaca
Menteri Sosial Juliari P. Batubara. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Jagat media sosial, twitter disuguhkan trending topik Mensos. Pengamatan Rienews, Minggu 6 Desember 2020, tagar Mensos menjadi populer di twitland Indonesia yang hingga pukul 12.00 WIB, telah memiliki 32,3 ribu tweet.

Trending topik ini terkait dengan operasi tangkap tangan (OTT) yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pada Sabtu dinihari, 5 Desember 2020, di salah satu tempat di Jakarta. Dari OTT KPK tersebut, terkuak kasus dugaan korupsi penyaluran paket bantuan sosial sembilan bahan pokok (Bansos Sembako) Kementerian Sosial untuk penanganan di masa pandemi Covid-19.

Lembaga antirasuah itu akhirnya menetapkan Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara sebagai tersangka. Juliari sendiri menyerahkan diri ke Gedung KPK, Minggu dinihari.

Baca Juga: Temui Menteri Sosial, Bupati Karo Ajukan Tiga Permohonan Bantuan Ini

Pemilik akun di twitter meramaikan tagar Mensos dengan postingan berita dan foto-foto kasus dugaan korupsi Juliari Batubara. Ada juga pengguna akun twitter yang memposting berita peringatan Ketua KPK Firli Bahuri soal ancaman hukuman mati kepada koruptor dana Bansos di masa pandemi Covid-19.

Baca Berita:

FPPP Karo Ajak Kaum Milenial Minati Profesi Tani

OTT KPK, Mensos Juliari Batubara Serahkan Diri

Penelusuran Rienews, ancaman itu disampaikan Firli Bahuri kepada wartawan, pada 21 Maret 2020. Di laman kpk.go.id, Firli menyentil Kementerian Sosial dalam penyaluran Bansos di masa pandemi Covid-19.

Menukil siaran pers KPK, pada Rabu 22 April 2020, berjudul KPK Ingatkan Pemerintah Pastikan Data Penerima Bantuan Sosial, Firli Bahuri mengatakan bahwa DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) yang dikelola oleh Kementerian Sosial adalah basis data yang selama ini digunakan untuk pemberian bantuan sosial kepada masyarakat secara nasional.

“Kita tahu bahwa DTKS senantiasa mengalami perbaikan, kami ingatkan pemerintah terus memastikan validasinya agar selalu tepat sasaran,” kata Ketua KPK Firli Bahuri.

Kasus korupsi yang menyeret Mensos Juliari P. Batubara menambah daftar menteri di Kabinet Indonesi Maju (Jokowi-Mar’uf). Sebelumnya, KPK menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka dan ditahan dalam kasus rasuah ekspor benur. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *