Tahun 2021 Dinas BMBK Sumut Akan Bangun Jalan Alternatif Medan-Berastagi

oleh -1.397 Kali Dibaca
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menerima rombongan Bupati Karo Terkelin Brahmana, membahas jalan alternatif Medan-Berastagi, Senin 20 Januari 2020, di Kantor Gubernur Sumatera Utara. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM –Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Provinsi Sumatera Utara di tahun 2021 akan membangun jalan alternatif, untuk mengatasi  kemacetan di kota wisata Berastagi, Kabupaten Karo. Rencananya, jalan alternatif akan dibangun di jalan provinsi kawasan Simpang Tongkoh hingga Desa Basam.

Kepala Dinas BMBK H.M. Arman Effendy Pohan mengatakan, di  Jalan Provinsi khusus di Simpang Tongkoh, mulai dari Tugu Jeruk ke Desa Basam, akan dibangun jalan alternatif sehingga pelintas dari arah Medan yang selama ini melewati Simpang Tongkoh menuju Desa Basam, selanjutnya tidak menggunakan jalur ini lagi.

Konsep pembangunan jalan alternatif ini, kata Arman Effendy, untuk memperluas ruang gerak kendaraan dari arah Medan ke Berastagi tidak terganggu lagi.

Baca Berita: 

Putra Kaban Siap Investasi Ratusan Miliar Kembangkan Puncak Gunung Sipiso Piso

Update Banjir Bandang Luwu Utara, 21 Orang Meninggal Dunia

“Sebab sudah ada konsep jalur simpang tiga yang kita wacanakan akan dibangun tahun 2021. Ini  mengurai kemacetan sekitar jalur Tongkoh,” sebut Arman Effendy.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas BMBK Provinsi Sumatera Utara Arman Effendy saat melakukan peninjauan di lapangan bersama Ketua DRPD Sumatera Utara Baskami Ginting, Bupati Karo Terkelin Brahmana, Ketua Komisi D DPRD Sumut Anwar Sani Tarigan, Kamis 16 Juli 2020,  di simpang Tongkoh, Kecamatan Dolat Rakyat, Kabupaten Karo.

Arman Effendy menjelaskan untuk pelepasan lahan dalam pembangunan jalan alternatif itu, Dinas BMBK Provinsi Sumatera Utara sudah melakukan penjajakan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

“Sebab ada lahan yang terkena milik Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Utara, dan Dinas Kehutanan Provsu. Hal ini sudah masuk dalam tahap koordinasi,” pungkasnya.

Bupati Karo Terkelin Brahmana menegaskan Pemerintah Kabupaten Karo siap mendukung pembangunan jalan alternatif tersebut.

“Pada prinsipnya Pemkab Karo siap mendukung. dalam memperlancar urusan administrasi, sehingga terwujud jalur segitiga tersebut,” tegas Terkelin.

Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD Sumut Anwar Sani menuturkan, siap membantu untuk merealisasikan pembangunan jalur segitiga tersebut. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *