Temukan Jalan Berlubang, Bupati Karo Langsung Perintahkan Perbaikan

oleh -47 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Dandim 0205 /TK Letkol Kav Yuli Eko Hardyanto dan Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono di lokasi jalan rusak di Desa Surbakti, Kecamatan Simpang Empat, Jumat 9 Oktober 2020. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Bupati Karo Terkelin Brahmana langsung mengambil inisiatif, memerintahkan Dinas PUPR Karo melakukan perbaikan jalan di kawasan Desa Surbakti, Kecamatan Simpang Empat.

Jalan berlubang di desa tersebut, atas temuan Terkelin sendiri, sepulang dari kegiatan peletakan batu pertama pembangunan sumur bor dan MCK di Desa Guru Kinayan, bersama Dandim 0205 /TK Letkol Kav Yuli Eko Hardyanto dan Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono, Jumat 9 Oktober 2020.

“Sepulang dari kegiatan peletakan batu pertama pembangunan sumur bor, jalan ini tampak macet akibat jalan berlubang dan rusak,sehingga kendaraan yang melintas agak pelan dan kadang terhenti,” katanya.

bersama Dandim Dandim 0205 /TK Letkol Kav Yuli Eko Hardyanto dan Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono mengawasi perbaikan jalan di Desa Surbakti, Kecamatan Simpang Empat, Jumat 9 Oktober 2020.

Perbaikan jalan dilakukan atas temuan Bupati Karo saat melintas di kawasan Desa Surbakti, sepulang dari kegiatan peletakan batu pertama pembangunan sumur bor dan MCK di Desa Guru Kinayan.

Baca Berita:

Kemenko Maritim dan Investasi Akan Bangun 3 Desa Wisata Budaya di Karo

Kodam I/BB Bangun Sumur Bor dan Fasilitas MCK di Tiga Desa Kabupaten Karo

Bersama Dandim dan Kapolres, Bupati Karo memutuskan untuk berhenti dan menelisik penyebab jalan berlubang. Ditemukan, penyebab jalan berlubang karena saluran air  tidak berfungsi, pembuangan air dari lokasi pencucian wortel dan usaha dooorsmeer (cucian motor) milik warga, meluber ke badan jalan.

“Alhasil kita lihat jalan  rusak dan berlubang,” tegas Terkelin.

Terkelin meminta camat dan kepala desa mengatasi kerusakan jalan tersebut.

“Carikan solusi, bicarakan bersama warga, ingatkan dan arahkan agar air disalurkan pada tempatnya, jangan ada pembiaran, kurang peduli, semua ujungnya tidak akan berhasil. Malu kita, masalah ini terus berlarut-larut dari tahun ke tahun tidak kunjung selesai dalam pembenahan saluran air warga,” ungkap Terkelin.

Kepada Dinas PUPR Karo Edward Pontianus Sinulingg mengirim truk mengangkut material batu dolomit untuk mimbun jalan berlubang  Desa Surbakti.

“Iya, tadi kita mendapat informasi bahwa  pimpinan akan singgah, mengatasi ini kita lakukan penimbunan sementara,” kata Edward.

Disebutkannya, perbaikan permanen akan dilakukan tahun depan.

“Di tahun 2021 kita usulkan perbaikan. Namun demikian, tetap harus ada solusi, warga dengan kades membicarakan buat saluran air, agar air dari lokasi usaha mereka tidak menggenag di badan jalan lagi,” kata Edward.

Kasi PMD Kecamatan Simpang Empang, Darwin Sembiring menyatakan pihak kepala desa sudah melakukan pembahasan saluran air dengan warga.

“Hanya saja, belum final dan masih negosiasi. Kami pihak kecamatan akan terus berkoordinasi dengan Kades setempat agar mengingatkan kesadaran warganya dalam mendukung program pemerintah. Supaya apa yang diharapkan selama ini tidak terulang kembali,” kata Darwin. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *