Wakil Bupati Karo Sebut IPKM 2018 Meningkat

oleh -147 Kali Dibaca
Wakil Bupati Karo Cory sriwaty Sebayang memberikan sambutan di acara peringatan HKN yang ke-55 tahun digelar Dinas Kesehatan Karo, Jumat 29 November 2019. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Sebayang menyatakan Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) di Tahun 2018, meningkat. Ini peningkatan capaian nyata dan bukti pembangunan kesehatan sepanjang lima tahun terakhir.

Pernyataan itu diungkapkan Cory saat memberikan sambutan di acara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun, digelar Dinas Kesehatan Karo dengan mengusung tema; Generasi Sehat Indonesia Unggul, pada Jumat 29 November 2019, di Jambur Gerga Mulawari Tiga Panah, Kecamatan Tiga Panah, Kabupatn Karo, Sumatera Utara.

Pembagunan kesehatan masyarakat, sebut Cory, sebagai pelaksana dari amanat UUD 19 45. Pembangunan kesehatan berkontribusi dalam pembangunan manusia dengan meningkatnya nilai Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) Tahun 2018.

“Adalah bukti nyata capaian pembangunan kesehatan sepanjang lima tahun terakhir. Yang mana menurunnya angka stunting balita, angka kematian Ibu, dan angka kematian neonatal. Strategi pembangunan kesehatan yang kita bangun melalui tiga pilar yaitu paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya melalui Jaminan Kesehatan Nasional, dan melalui program gerakan masyarakat hidup sehat (Germas),” katanya.

Baca Berita:

Inilah Daftar Prestasi PKK Kabupaten Karo

Korindo Sembiring Ajak Warga Karo Dukung Lyodra di Indonesian Idol 2019

Melalui program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK), Program Nusantara Sehat (NS), dan program JKN, bersama seluruh komponen kesehatan lintas sektor, berhasil menyelesaikan beberapa masalah-masalah kesehatan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang sehat.

Kepala Dinas Kesehatan Karo Irna Safrina Meliala mengingatkan pentingnya memperhatikan kesehatan bayi bagi ibu hamil sejak janin hingga kelahiran.

“Bayi harus kita pantau, dari faktor lingkungan itu juga harus kita perhatikan dan kita mengimbau kepada seluruh warga masyarakat agar tidak membuang air besar (BAB)  sembarangan karena bisa menyebabkan timbulnya berbagai penyakit,” tegasnya.

Peringatan HKN yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Karo, dihadiri Kepala RSUD Kabanjahe Arjuna Bangun, Staf Ahli Pemkab Karo, para pimpinan OPD Pemkab Karo dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Karo, IDI Karo beserta tokoh masyarakat. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *