• Kamis, 2 Desember 2021

Angin Puting Beliung Landa Tiga Kecamatan di Barito Kuala

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 22:48 WIB

RIENEWS.COM - Angin puting beliung menerjang Kecamatan Marabahan, kecamatan Bakumpai dan kecamatan Cerbon, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa 19 Oktober 2021.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Kuala, Sumarsono mengatakan, kejadian tersebut menyebabkan puluhan warga terdampak dan mengungsi ke tempat kerabat yang lebih aman.

“Hingga Kamis (21 Oktober 2021), terdapat 88 jiwa (26 kepala keluarga)  terdampak dari kejadian angin puting beliung tersebut. Sebagian warga mengungsi ke tempat keluarganya dan sebagian tetap di tempat sambil memperbaiki yang rusak," ujar Sumarno, Kamis 21 Oktober 2021.

Diungkapkannya, dalam upaya percepatan penanganan, BPBD telah mendistribusikan bantuan logistik dan peralatan serta melakukan evakuasi.

Baca Juga:

Curah Hujan Tinggi, 500 Kepala Keluarga di Kota Bengkulu Mengungsi Akibat Banjir

Lomba Desa Bersih 2021, Ketua TP PKK Karo Tinjau Desa Suka Meriah

"BPBD terus melakukan evakuasi, distribusi sembako, obat-obatan, dan perlengkapan kebutuhan warga lainnya," tutur Sumarno.

Angin puting beliung terjadi pada Selasa siang itu juga menyebabkan kerusakan infrastruktur, yaitu sebanyak 33 unit rumah terdampak, 4 unit tempat usaha dan 1 unit sarana ibadah.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat (petir) dan angin kencang pada siang hingga sore hari pada Jumat 22 Oktober 2021, di sebagian Kalimantan Selatan yaitu wilayah Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar,  Kabupaten Barito Kuala, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Tabalong, Tabalong, Kotabaru, dan sekitarnya.

Pada hari Sabtu 23 Oktober 2021, diperkirakan akan terjadi di wilayah Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Tapin, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan, Kotabaru, dan sekitarnya.

Sementara itu hasil analisa InaRISK, Kabupaten Barito Kuala memiliki potensi risiko cuaca ekstrem yang dapat menyebabkan angin puting beliung dengan kategori sedang hingga tinggi.

BNPB mengimbau masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi risiko bencana yang disebabkan oleh cuaca ekstrim. Masyarakat diharapkan melihat informasi yang dikeluarkan oleh lembaga terkait baik itu BNPB, BPBD, BMKG untuk meminimalisir penyebaran informasi yang tidak tepat. (Rep-02)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Ini Data Kerusakan Akibat Banjir Bandang di Kudus

Rabu, 1 Desember 2021 | 06:55 WIB

Banjir dan Longsor Landa Dua Kecamatan Asahan

Selasa, 30 November 2021 | 10:55 WIB

Banjir Setinggi 1 Meter Lebih Landa Padarincang Serang

Senin, 29 November 2021 | 14:20 WIB

Sudah Satu Pekan Kota Tanjungbalai Dilanda Banjir

Sabtu, 27 November 2021 | 11:40 WIB

Sei Wampu Meluap, 258 Rumah Terendam Banjir di Langkat

Minggu, 14 November 2021 | 00:16 WIB
X