• Kamis, 2 Desember 2021

Banjir Bandang Landa Tolitoli, Korban dan Kerugian Masih Didata

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 22:12 WIB

RIENEWS.COM – Banjir bandang melanda Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah, Sabtu sore, 23 Oktober 2021. Dampak bencana tersebut masih dalam pendataan.

“Dampak korban jiwa dan kerugian material masih dalam pendataan di lokasi banjir bandang,” kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Sabtu malam.

Banjir bandang melanda wilayah Kabupaten Tolitoli terjadi pada pukul 18.00 waktu setempat. Muhari mengatakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tolitoli menginformasikan pihaknya terus melakukan pendataan dampak peristiwa tersebut.

“Menyikapi kondisi ini, Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB terus melakukan koordinasi dengan BPBD setempat,” ungkap Muhari.

Baca Juga:

Danlantamal I Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono Tinjau Vaksinasi di Karo

BNPB Gandeng Intelektual Membangun Ketangguhan Masyarakat Hadapi Bencana

Informasi awal yang diterima, kata Muhari dalam siaran persnya, menyebutkan banjir bandang melanda Desa Malangga, Kecamatan Galang, Kabupaten Tolitoli.

"BPBD menginformasikan bencana ini dipicu oleh curah hujan yang tinggi. BPBD di tingkat provinsi telah berkoordinasi dengan instansi terkait di tingkat kabupaten. Di samping itu, BPBD Provinsi Sulawesi Tengah telah menurunkan personel tim reaksi cepat untuk mendukung BPBD kabupaten," jelas Muhari.

Melihat peringatan dini cuaca BMKG, wilayah Sulawesi Tengah berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir serta angin kencang pada hari ini hingga dua hari ke depan (24 – 25 Oktober 2021). Sedangkan pada pantauan prakiraan cuaca di tingkat kecamatan, wilayah Galang terpantau berpotensi cerah berawan hingga hujan ringan pada dua hari ke depan.

Sementara itu, analisis inaRISK mencatat sebanyak 9 kecamatan berada pada bahaya banjir bandang pada kategori sedang hingga tinggi. Kecamatan Galang termasuk dalam wilayah pada kategori tersebut. Sejumlah kecamatan lain yang berada pada potensi bahaya banjir bandang yaitu Kecamatan Dampal Selatan, Dampal Utara, Dondo, Basidondo, Baolan, Lampasio, Tolitoli Utara dan Dako Pamean. (Rep-02)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Ini Data Kerusakan Akibat Banjir Bandang di Kudus

Rabu, 1 Desember 2021 | 06:55 WIB

Banjir dan Longsor Landa Dua Kecamatan Asahan

Selasa, 30 November 2021 | 10:55 WIB

Banjir Setinggi 1 Meter Lebih Landa Padarincang Serang

Senin, 29 November 2021 | 14:20 WIB

Sudah Satu Pekan Kota Tanjungbalai Dilanda Banjir

Sabtu, 27 November 2021 | 11:40 WIB

Sei Wampu Meluap, 258 Rumah Terendam Banjir di Langkat

Minggu, 14 November 2021 | 00:16 WIB
X