Gempa Blitar, BNPB Rilis Data Kerusakan di 6 Kabupaten dan Kota

oleh -163 Kali Dibaca
Puskesmas Wates di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, alami kerusakan dampak gempa bumi yang terjadi Jumat malam, 21 Mei 2021. [Foto BNPB | Rienews]

RIENEWS.COM – Gempa bumi di Kabupaten Blitar berkekuatan Magnitudo 5,9 (pemuktahiran BMKG), Jumat malam, 21 Mei 2021, menyebabkan dampak kerusakan di sejumlah wilayah kabupaten dan kota, di Provinsi Jawa Timur.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menghimpun data kerusakan akibat gempa bumi Blitar terjadi di Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Kota Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Jember.

Baca: Ini Faktor Mengapa Potensi Gempa Bumi di Jawa Timur Sangat Tinggi

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati dalam siaran persnya, Sabtu 22 Mei 2021, menyebutkan terdapat korban luka-luka 2 jiwa, dengan rincian luka berat 1 orang dan 1 lainnya luka ringan. Korban luka berat telah mendapatkan perawatan di fasilitas kesehatan Tirta Husada Wonotiro.

Sementara itu, total kerusakan di wilayah rumah rusak berat (RB) 4 unit, rusak sedang (RS) 8 dan rusak ringan (RR) 142. Kerusakan juga terjadi pada fasilitas umum dengan rincian RR 16 unit dan RS sebanyak 1 unit.

Baca Juga:

Pemkab Karo Kembali Mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian BPK

Gempa 6,2 Magnitudo Landa Blitar, Guncangan Dirasakan Hingga Yogyakarta

Berikut ini rincian kerusakan dampak gempa. Di Kabupaten Malang, 1 unit rumah rusak berat, 26 unit rumah rusak ringan, dan 5 unit fasilitas umum rusak ringan. Kabupaten Blitar, 2 unit rumah rusak berat, 6 unit rumah rusak sedang, 95 unit rumah rusak ringan, 9 unit fasilitas umum rusak ringan, 1 unit fasilitas umum rusak sedang.

Selain kerusakan, BNPB menerima laporan gempa tersebut mengakibatkan warga luka berat 1 orang dan luka ringan 1.

Hingga saat ini, BNPB terus melakukan koordinasi dan memonitor penanganan pascagempa di wilayah Jawa Timur. Berdasarkan informasi dari BPBD setempat, pihaknya masih memantau dan menggali informasi terkait perkembangan dampak gempa.

 Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Provinsi Jawa Timur menyalurkan bantuan berupa sembako, lauk pauk, dan terpal. Bantuan untuk mendukung penanganan Covid-19 juga diberikan, seperti masker kain dan masker medis. (Rep-02)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *