• Minggu, 28 November 2021

Diteror Molotov, LBH Yogyakarta: Kami Tidak Takut

- Minggu, 19 September 2021 | 07:31 WIB

RIENEWS.COM – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta, alami teror. Diduga sebuah bom molotov dilempar ke kantor LBH Yogyakarta, Kotagede, pada Sabtu dini hari, 18 September 2021.

Teras, dinding dan ventilasi sisi barat kantor LBH Yogyakarta, masih tampak bekas hitam dan serpihan kaca diduga berasal dari serangan molotov. Api juga sempat merembet ke gorden, bagian dalam kantor LBH Yogyakarta.

Direktur LBH Yogyakarta Yogi Zul Fadhli menegaskan, tidak takut dengan teror, justru menambah berlipat-lipat semangat untuk melakukan pembelaan serta memperjuangkan hak-hak dan kepentingan rakyat miskin korban ketidakadilan dalam kasus-kasus struktural.

Baca Juga:

Dampak Cuaca Ekstrem, 20 Rumah Warga Kepulauan Talaud Rusak

Peningkatan Kapasitas BPBD Dalam Kaji Kebutuhan dan RR Pasca Bencana

“Terhadap peristiwa ini, kami ingin menyampaikan beberapa hal,” kata Yogi dalam siaran resmi, Sabtu kemarin.

Berikut pernyataan sikap LBH Yogyakarta:

1. Berdasarkan informasi sementara yang kami himpun, kejadian ini kemungkinan berlangsung di atas pukul 01.00 (dini hari). Namun kami belum mengetahui siapa pelaku dan apa motifnya. Hanya saja kami menduga serangan ini terkait dengan pembelaan LBH Yogyakarta terhadap kasus-kasus struktural dan perkara masyarakat miskin lain. Saat ini upaya advokasi perkara tersebut sedang berjalan secara intensif, kami menduga ada oknum yang tidak senang dengan aktivitas bantuan hukum LBH Yogyakarta yang selama ini aktif mendampingi masyarakat kecil.

2. Kami menilai serangan ini adalah teror terhadap pembela hak asasi manusia sekaligus juga organisasi bantuan hukum, yang selama ini melakukan tugas-tugas konstitusional memberikan bantuan hukum kepada masyarakat miskin. Perbuatan pelaku bertentangan prinsip-prinsip negara hukum dan nilai-nilai hak asasi manusia.

3. Kami mengecam keras serangan ini. Tindakan ini adalah kejahatan pidana yang melanggar Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Oleh karena itu kami akan melaporkan peristiwa ini ke pihak yang berwajib (polisi) maupun lembaga-lembaga terkait.

4. Penting digarisbawahi, kami sama sekali tidak takut dengan teror. Kejadian ini justru menambah berlipat-lipat semangat kami untuk terus maju dan tidak pernah berhenti melakukan pembelaan serta memperjuangkan hak-hak dan kepentingan rakyat miskin korban ketidakadilan dalam kasus-kasus struktural.

Kasus teror tersebut kini ditangani Polrestabes Kota Yogyakarta. (Rep-02)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Kanwil DJP Sumut Sita Rp8,75 Miliar Aset Penunggak Pajak

Selasa, 23 November 2021 | 23:41 WIB

Polres Dairi Tahan Tersangka Kasus Cabuli Anak Kandung

Minggu, 21 November 2021 | 11:43 WIB

Polres Binjai Ringkus 4 Perampok Mengaku Polisi

Selasa, 16 November 2021 | 17:04 WIB

Dukun ‘Genderuwo’ di Batubara Diciduk Polisi

Sabtu, 13 November 2021 | 22:29 WIB

Diteror Molotov, LBH Yogyakarta: Kami Tidak Takut

Minggu, 19 September 2021 | 07:31 WIB

Bupati dan Kapolres Karo Musnahkan Ladang Ganja

Jumat, 4 Juni 2021 | 18:45 WIB

OTT KPK, Mensos Juliari Batubara Serahkan Diri

Minggu, 6 Desember 2020 | 07:14 WIB
X