• Kamis, 2 Desember 2021

Peringati Hari Sumpah Pemuda, AMAN Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 22:01 WIB

RIENEWS.COM – Sumpah Pemuda yang dimaknai sebagai suatu pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia, dilakukan oleh para pemuda-pemudi Indonesia dengan menyatakan janji satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa. Sumpah Pemuda disimbolkan sebagai wujud semangat membangkitkan cinta Tanah Air dan simbol persatuan peran para pemuda Indonesia.

Sebagai generasi muda penerus masa depan bangsa, sudah seharusnya meningkatkan dan mempertahankan kedaulatan rakyat dengan peduli lingkungan, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta mengasah hati untuk saling peduli, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini. 

“Inline dengan hal tersebut di atas, kegiatan memperingati hari Sumpah Pemuda ini ditujukan untuk menumbuhkan semangat generasi penerus bangsa untuk peduli lingkungan, sinergitas antara masyarakat Yogyakarta dengan luar Yogyakarta untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan, menumbuhkan semangat berkarya positif di saat pandemik, saling menguatkan disaat pandemic dan tetap menjaga prokes,” kata Altingia Arie, Ketua Aliansi Mahasiswa Nusantara (AMAN), dalam siaran pers yang diterima, Kamis 28 Oktober 2021.

Altingia mengungkap dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda 2021, AMAN mengusung tema: Dengan Semangat Sumpah Pemuda, Menjunjung Tinggi Sportifitas di Masa Pandemi.

Baca Juga:

Inovasi Budidaya Kentang Bertingkat Distan Karo Raih Juara II Inovasi OPD Tingkat Provinsi Sumut 2021

Begini Cara Daftar Program Kartu Prakerja Gelombang 22

Aliansi Mahasiswa Nusantara di DIY juga menginisiasi kegiatan Turnamen Voli untuk mahasiswa/alumni dan umum dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda yang telah dilaksanakan, pada 15 hingga 17 Oktober 2021.

“Peserta yang ikut Turnamen Volly Nusantara sebanyak 17 tim, terdiri dari 12 tim putra dan 5 tim putri dengan sistem gugur. Peserta terdiri dari mahasiswa dan umum yang berasal dari Sumatra sampai Papua,” ungkap Altingia.

Rangkaian penutupan kegiatan Hari Sumpah Pemuda dilakukan pengibaran Bendera Merah Putih di Bunker Kaliadem, Gunung Merapi, Sleman, oleh AMAN. Peserta upacara pengibaran bendera di antaranya 28 mahasiswa dari Sumatera hingga Papua dengan baju adat, personel Brimob Gondowulung (Polda DIY), tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta, tim Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM), Juru Kunci Merapi, Kades Kepuharjo dan pelaku jeep wisata.

Setelah upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, dilanjutkan dengan penanaman 28 pohon di kaki Gunung Merapi, sebagai bentuk peduli generasi bangsa terhadap lingkungan dan alam.

Bibit pohon diperoleh dari Kantor Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Serayu Opak Progo (SOP) Yogyakarta. Kegiatan ini didukung oleh BKSDA Yogyakarta, BTNGM, Batalyon A Pelopor Gondowulung, BPBD DIY, dan MRI. (Rel)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Karhutla di Tapin Padam Total

Minggu, 26 September 2021 | 20:59 WIB

Berkat Kepedulian, Owa Ungko Ini Berhasil Diselamatkan

Minggu, 19 September 2021 | 23:11 WIB

Warga Palas Tewas Diterkam Harimau

Jumat, 17 Mei 2019 | 21:29 WIB

Bunga Telang Dapat Hambat Kanker Payudara

Kamis, 16 Mei 2019 | 22:13 WIB

Wisatawan Berastagi Keluhkan Tumpukan Sampah

Minggu, 7 Oktober 2018 | 16:36 WIB

Hari Bersih Sampah, 300 Kg Sampah Dikumpulkan di Karo

Minggu, 16 September 2018 | 20:08 WIB

Begini Cara Bupati Karo Atasi Masalah Sampah

Senin, 15 Januari 2018 | 20:19 WIB
X