• Minggu, 28 November 2021

Doni Monardo Resmikan RS Rujukan Covid-19 Zainoel Abidin Kota Banda Aceh

- Selasa, 20 April 2021 | 21:52 WIB

RIENEWS.COM – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin (RSUD ZA) di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh menjadi Rumah Sakit Rujukan Covid-19.

Peresmian ini ditandai dengan rampungnya pengembangan pembangunan fisik yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  (PUPR) dan PT Adhi Karya (Persero) dalam kurun waktu lima pekan.

Peresmian RSUD ZA menjadi RS Rujukan Covid-19 Kota Banda Aceh, dilakukan Doni Monardo bersama Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan perwakilan Kementerian PUPR di depan gedung Instalasi Pinere, secara simbolis dengan memotong pita, Selasa 20 April 2021.

“Bismillahirrohmanirrohim dengan ini Rumah Sakit Rujukan dr. Zainoel Abidin diresmikan,” ucap Doni Monardo dan Gubernur Nova Iriansyah.

Baca Juga:

Tingkatkan Perekonomian, Bupati Karo Apresiasi Pandia Farm di Barusjahe

Transaksi Tiket.com Meroket di Q1 2021

Dalam sambutannya, Doni mengapresiasi Kementerian PUPR dan Adhi Karya atas prestasi pengerjaan pengembangan rumah sakit rujukan, dilakukan dalam waktu lima minggu saja.

Menurut Doni, hal itu merupakan prestasi yang sangat baik sekali sekaligus merupakan bentuk respon cepat dari Pemerintah dalam upaya mengendalikan pandemi di Tanah Air.

“Ini prestasi yang sangat baik sekali,” ujar Doni.

Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo berharap nantinya rumah sakit rujukan tersebut tidak terisi banyak pasien terkonfirmasi Covid-19, artinya penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 itu harus dapat dikendalikan dengan upaya pencegahan 3M dan menjalankan 3T serta dengan menyukseskan program vaksinasi bersama Pemerintah.

“Jangan sampai digunakan. Andai digunakan maka pasien tidak terlalu banyak,” kata Doni.

“Pencegahan adalah solusi yang terbaik,” imbuhnya.

Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui BNPB yang telah membantu Pemerintah Provinsi Aceh dalam penanganan Covid-19 melalui pengembangan rumah sakit lapangan tersebut.

“Semoga dukungan BNPB yang begitu besar selama ini dapat kita pertahankan,” ungkap Nova Iriansyah.

Rumah Sakit Rujukan dr. Zainoel Abidin dibangun di atas lahan seluas 3.826,75 meter persegi menggunakan Dana Siap Pakai (DSP) BNPB. Adapun total pembangunan pengembangan rumah sakit ini dilakukan total selama 46 hari, terhitung sejak 2 November - 17 Desember 2020.

Rumah sakit rujukan ini memiliki kapasitas 17 tempat tidur untuk pasien isolasi dan 70 tempat tidur untuk pasien observasi.

Selain itu, rumah sakit ini juga memiliki fasilitas satelit operasional, satelit bersih, koridor, kantong parkir, powerhouse, gardu PLN, gardu medis dan clean water tank (CWT). (Red)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

BNPB Raih Dua Penghargaan Terbaik GSM Award 2021

Sabtu, 27 November 2021 | 11:04 WIB

Kodrat Shah Sekjen DPP Partai Hanura

Senin, 15 November 2021 | 21:26 WIB

Begini Cara Daftar Program Kartu Prakerja Gelombang 22

Selasa, 26 Oktober 2021 | 21:04 WIB

Pasien Sembuh Covid-19 Capai 1,6 Juta Orang

Senin, 17 Mei 2021 | 21:13 WIB
X