• Minggu, 28 November 2021

Bupati Karo Sambut Kunjungan Kerja Ketua Komisi IV DPR RI

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 00:33 WIB

RIENEWS.COM – Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin bersama Direktur Jenderal (Dirjen) Hortikultura, Kementerian Pertanian, Prihasto Setyanto melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Senin 11 Oktober 2021.

Kedatangan Ketua Komisi IV DPR dan rombongan disambut Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang, selanjutnya melakukan peninjuan ke lokasi pertanian dan perikanan di Kabupaten Karo.

Di Desa Bukit, Kecamatan Dolat Rayat, Komisi IV DPR RI dan rombongan meninjau lokasi pembibitan kentang. Di sana, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang mengungkapkan, Kabupaten Karo berusaha untuk memenuhi pasokam bibit kentang kepada para petani.

Menurut Cory, selama ini bibit kentang didatangkan dari pulau Jawa. Untuk itu, Kabupaten Karo berusaha agar kebutuhan bibit kentang dapat dihasilkan sendiri di Kabupaten Karo.

Baca Juga:

Warga Bitung Panik Diguncang Gempa 5,8 Magnitudo

277 Peserta CPNS Pemkab Karo Gugur Seleksi Kompetensi Dasar Berbasis CAT

Cory juga berharap kepada PT Pupuk Indonesia agar memperhatikan persediaan pupuk di Kabupaten Karo, mengingat masyarakat Karo sebagian besar petani.

Dirjen Hortikultura Prihasto Setyanto mengatakan Kabupaten Karo memproduksi kentang untuk Provinsi Sumatera Utara sebesar 57 persen.

“Dengan kondisi tanah yang subur, sangat berpotensi untuk pengembangan hortikultura. Untuk itu, kami siap mensupport Kabupaten Karo," kata Prihasto.

Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin mengimbau Dirjen Hortikultura untuk membangun pembibitan kentang di Kabupaten Karo. Begitu juga PT Pupuk Indonesia Holding Company untuk memperhatikan kondisi pupuk di daerah itu.

“Apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di Kabupaten Karo agar dapat dipenuhi, karena kalau hanya mengandalkan APBD Kabupaten tidak mungkin bisa maju, yang bisa membantu adalah Pemerintah Pusat," kata Sudin.

Dari Desa Bukit, rombongan Komisi IV DPR beserta Bupati Karo melanjutkan kunjungan ke Desa Tongging melakukan restocking ikan dengan menabur benih ikan nilem dan tawes sebanyak 65.000 ekor di Danau Toba kawasan Tongging.

Dalam kesempatan itu, Bupati Karo memohon kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) agar memperhatikan pembangunan bioflok di Tongging, mengingat KJA sudah tidak diperbolehkan di kawasan Danau Toba.

Sudin juga menyampaikan pesan kepada KKP agar membangun bioflok untuk memberikan solusi kepada masyarakat dalam berbudidaya ikan. (Rep-01)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Pemkab Karo Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan

Rabu, 10 November 2021 | 21:35 WIB

Bupati Karo Buka Pesparawi 2021

Senin, 8 November 2021 | 21:31 WIB

Bupati Karo Minta PKK Berperan di Tengah Masyarakat

Kamis, 28 Oktober 2021 | 22:26 WIB

Bupati Karo Resmikan Menara Jubelium 125 Tahun GBKP

Selasa, 19 Oktober 2021 | 22:28 WIB
X