Soal Jalan Baru Medan-Berastagi, Bupati Karo Kirim Surat ke Ketua DPRD Sumut

oleh -1.471 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana.

RIENEWS.COM – Untuk mewujudkan jalan alternatif baru Medan-Berastagi, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengirimkan surat kepada Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting. Surat tersebut untuk meminta dukungan Baskami Ginting dalam mewujudkan jalan alternatif baru Medan-Berastagi.

Beberapa tahun lalu, Baskami Ginting membantu dan memberikan dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Karo dalam membangun akses jalan Karo-Langkat.

Terkelin Brahmana mengungkapkan, alasan meminta dukungan Ketua DPRD Sumatera Utara, mengingat jalur di jalan alternatif baru Medan-Berastagi masuk kawasan hutan.

“Pemda Karo telah melakukan cek faktual ke lokasi jalur alternatif tersebut bersama Dinas Bina Marga Provinsi Sumatera Utara. Dinas Bina Marga telah menyusun dokumen feasibility study (studi kelayakan).  Akses jalan dimaksud telah dibuka dari Simpang Tuntungan hingga Sibolangit dan keluar di daerah Pramuka. Akan tetapi belum tersambung ke Kabupaten Karo sepanjang kurang lebih 6-7 kilometer  karena masuk kawasan hutan,” kata Terkelin Brahmana di ruang kerjanya, Kamis 23 Januari 2020.

Simak Berita: Gubsu Dukung Usulan Bupati Karo Soal Jalan Alternatif Medan-Berastagi

Selain masuk kawasan hutan, Terkelin menyebutkan bahwa jalur yang diusulkan untuk jalan alternatif baru Medan-Berastagi berada di luar administrasi Pemerintah Kabupaten Karo.

“Jalur baru yang kita gagas bukan daerah kewenangan Pemda Karo. Tentu untuk mengkordinasikan lintas sektoral, lintas wilayah, kita butuh kerja sama dari pihak berkompeten dari Provinsi Sumut,” ujarnya.

Baca Berita:

Polres Tanah Karo Rilis Kasus Narkoba Mantan Kapolsek dan Dua Sipir Rutan

Penduduk Miskin Turun, Bupati Karo: Terima Kasih BPS

Terkelin menilai sosok Baskami Ginting tepat dan berkompeten untuk mengkoordinasikan lintas wiyalah.

“Pengalaman kita, sosok Baskami Ginting sangat tepat untuk minta dukungannya. Di mana saat menggolkan jalur alternatif Karo-Langkat, Baskami Ginting kala itu anggota Komisi D DPRD Provsu, banyak berperan mendukung gagasan Pemda Karo membuka jalur Karo-Langkat sebagai jalur evakuasi Gunung Sinabung. Hasilnya dapat kita lihat sekarang masyarakat dapat menikmati dan jalur ini sangat efektif  membantu mengurai kemacetan lalu lintas Medan-Berastagi. Surat kita layangkan ke Ketua DPRD Provinsi Sumut Baskami Ginting dengan tujuan Pak Ketua ini akan mengkordinasikan lintas daerah dalam menggolkan jalan alternatif tersebut,” ungkapnya.

Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting mengaku secara lisan sudah mengetahui permintaan Pemerintah Kabupaten Karo.

“Surat secara resmi belum kita terima, infonya surat sudah dikirimkan,” katanya.

Baskami menyatakan menyambut positif dan mengapresiasi langkah Bupati Karo dalam membuka akses baru jalan Medan-Berastagi. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *