Tuntut Dana Bantuan, Penduduk Desa Gurukinayan Demo Kantor Bupati Karo

oleh -176 Kali Dibaca
Puluhan warga Desa Gurukinayan berunjukrasa di Kantor Bupati Karo, Kabanjahe, Senin 28 Oktober 2019, menuntut penyaluran bantuan dana stimulan. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM – Puluhan warga Desa Gurukinayan, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Senin 28 Oktober 2019, kembali menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Bupati Karo, Kabanjahe. Mereka menuntut Pemerintah Kabupaten Karo segera menyalurkan dana bantuan stimulan yang telah dijanjikan. Massa juga meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turun ke Kabupaten Karo, guna menelisik pengelolaan dana bencana erupsi Gunung Sinabung.

Aksi unjuk rasa menuntut penyaluran dana stimulan oleh warga Desa Gurukiyanan, dilatari oleh wilayah pemukiman mereka masuk dalam zona merah Gunung Sinabung, hingga warga direlokasi.

Seorang warga Desa Gurukinayan, Samuel Sitepu mengutarakan aksi unjuk rasa menuntut dana stimulan telah mereka suarakan sejak 2014 lalu. Bahkan, kata Samuel, warga desa telah empat kali berunjukrasa menuntut penyaluran dana bantuan tersebut.

Samuel menyebutkan, berdasarkan penjelasan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo,  warga yang memiliki rumah dan lahan di Desa Gurukinayan mendapatkan bantuan, dana stimulan perumahan swadaya.

Baca Berita:

Tidak Pakai Helm, Pengendara Ini Mengamuk Terjaring Operasi Zebra

Korban TPPO di Bawah Umur Asal Karo Dipulangkan

“Kami sudah didata, kemudian surat kami sudah diverifikasi. Tapi sampai sekarang enggak ada juga pencariannya. Hingga saat ini tidak kami dapatkan meski sudah berkali-kali kami melakukan aksi serupa ini,” ucapnya.

Dia mengklaim warga yang turut melakukan aksi sebanyak 70 orang merupakan warga Desa Gurukinayan, pemilik rumah dan lahan.

Warga lainnya, Sikap Sembiring mendesak KPK turun ke Kabupaten Karo guna melakukan penelusuran dana bantuan bencana Gunung Sinabung.

“Kami mau Komisi Pemberantasan Korupsi turun ke Kabupaten Karo ini, supaya tahu seperti apa kinerja dari Pemkab Karo ini,” imbuhnya.

Massa yang berunjukrasa akhirnya ditemui Sekda Pemkab Karo Kamperas Terkelin Purba dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo, Martin Sitepu. (Rep-01)  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *