AKBP Heppi Karokaro Bertekad Bangun Karo Lebih Sejahtera

oleh -7.255 Kali Dibaca
Kepala BNN Kabupaten Karo AKBP Heppi Karokaro memotivasi pelajar SMP Negeri 3 Kabanjahe melawan dan memerangi narkoba. [Foto | Rienews]

RIENEWS.COM – Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Heppi Karokaro Surbakti merupakan sosok yang dikenal di Bumi Turang, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, dalam pemberantasan dan penindakan peredaran narkoba.

Sejak menjabat Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Karo, tahun 2018, gebrakan putra asli Tanah Karo ini terbilang sukses.

Tak hanya penindakan dan pemberantasan narkoba yang dilakukan BNN Karo sejak dikomandoi Heppi Karokaro. Perwira menengah (Pamen) Polri ini aktif turun ke sekolah-sekolah. Merangkul dan mengajak para generasi muda untuk mencegah dan melawan narkoba.

Menjauhkan generasi muda-masyarakat dari bahaya dan pengaruh buruk narkoba bukanlah tugas ringan.

Narkoba tak hanya merusak secara perorangan, individu penggunanya saja. Bahaya laten yang luar biasa dari narkoba, dapat menghancurkan bangsa.

Baca Berita:

Respons Laporan, Terkelin Tinjau Gang 90 Katepul Kabanjahe

Presiden Jokowi Tekankan Upaya Pencegahan Karhutla

Menyadari hal ini, dunia internasional bersepakat melawan narkoba secara bersama-sama, dan menetapkan tanggal 26 Juni adalah Hari Anti Narkotika Internasional. Saban tahun diperingati.

Tugas berat ini dilakoni Heppi dengan penuh tanggung jawab dan kesadaran agar  terwujud Kabupaten Tanah Karo lebih sejahtera dengan SDM berkualitas tanpa narkoba.

Merealisasikan hal itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan sosok yang berdedikasi dan ulet.

Indeks pembangunan daerah di dalamnya menyasar terwujudnya generasi, sumber daya manusia (SDM) berkualitas. Solusi yang ditempuh di antaranya melakukan upaya sterilisasi daerah dari peredaran narkoba.

Untuk itu, Heppi terus bertekad menyadarkan masyarakat Karo akan bahaya narkoba, hingga mereka berkata; say no to drugs.

Putra asli daerah kelahiran 1963 ini, memahami betul membebaskan warga Karo dari bahaya narkoba, bagian dari langkah besar untuk menggapai Tanah Karo Simalem yang lebih sejahtera, makmur dan nyaman.  Hal itu diperlukan peran serta semua pihak.

Kepala BNN Kabupaten Karo AKBP Heppi Karokaro bersama istri dan kedua anaknya. [Foto Ist | Rienews]
“Wakafkan”  Hidup 

Dalam perjalanan kariernya, Heppi Karokaro suami dari Dra. Rosanna br Ginting, dilalui di beberapa kota dan daerah. Di tahun 1993-1996, Heppi bertugas di Mabes Polri, Jakarta, lalu dilanjutkan bertugas di Polda Bengkulu sejak 1996 hingga 2000. Heppi menjalani dinas di Polda Jambi dari 2000 hingga 2017. Terhitung sejak 2017, Heppi Karokaro yang berpangkat AKBP Polisi berdinas di Polda Sumatera Utara, hingga 2018 ia diberi amanah sebagai Kepala BNNK Karo hingga sekarang.

Sebagai insan Bhayangkara, Heppi Karokaro menjalani tugasnya dengan berpegang teguh pada Tri Brata dan Catur Prasetya Kepolisian Republik Indonesia.

Prinsip tersebut pun diamalkan Heppi Karokaro dalam membina rumah tangganya bersama  Rosanna br Ginting, dan mendidik kedua anaknya, kini telah berkarier. Putra Heppi Karokaro-Rosanna, Dicky Arhana Surbakti mengikuti jejak sang ayah, berkarier di Polri dan kini berpangkat Inspektur Satu (Iptu) Polisi. Sedangkan putri Heppi-Rosanna, dr. Nina br Surbakti M.Kes.

Sukses dalam menjalani karier dan rumah tangga, tak membuat Heppi berpuas diri.

Terlebih saat ini, ia bertugas di kampung halaman sendiri sebagai Kepala BNN Kabupaten Karo. Hal ini bagi Heppi, putra dari pasangan (alm) M. Karokaro dan S. br Tarigan, menjadi tantangan sekaligus beban.

Karo salah satu wilayah dataran tinggi di Provinsi Sumatera Utara, dikenal sebagai daerah wisata. Keindahan dan kekayaan alam Bumi Turang yang “dipagari” Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak, menjadikan kabupaten ini spot destinasi primadona para pelancong yang datang ke Sumatera Utara.

Bagi Heppi sendiri Tanah Karo Simalem merupakan Tanah Pilih Pusaka Bertuah. Hal ini tidak terlepas dari didikan yang diterima Heppi dan lima saudaranya dari kedua orang tuanya, yang kental mengajarkan kebudayaan dan kearifan lokal; Merga Silima, Rakut Sitelu, Tutur Siwaluh dan Perkaden-kaden Sepuluh Dua Tambah Sada.

Kembali ke kampung kelahiran dalam menjalankan tugas, ada beban bagi Heppi secara pribadi. Sebagai putra asli Karo, Heppi berkeinginan melihat kabupaten asalnya itu maju dan makmur.

“Karo adalah Tanah Pilih Pusaka Bertuah,” ucap Heppi, Selasa 17 September 2019.

Bagi Heppi, Kabupaten Tanah Karo merupakan wilayah yang memiliki potensi kesejahteraan yang luar biasa. Ini hanya dapat diejawantahkan dengan kerja yang sungguh-sungguh, manajemen yang baik, dan dibarengi hati nurani.

“Asal dikelola baik, dengan hati nurani, dan sungguh-sungguh. Akan menjadi sebuah kabupaten yang sangat memberi kesejahteraan dan kenyamanan kepada masyarakatnya,” tegasnya.

Hal inilah yang menyergap dalam benak Heppi. Pria yang kini menanjaki usia 56 tahun itu, bertekad “mewakafkan” hidupnya demi terwujudnya kemakmuran masyarakat dan kemajuan Kabupaten Karo.

Tekad itu mendorong Heppi maju pada Pilbup Karo di Pilkada serentak 2020 mendatang. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *