Bupati Karo Tegaskan Hal Ini di Forum Lintas Perangkat Daerah 2021

oleh -68 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana, Ketua DPRD Karo Iriani Tarigan mengikuti Forum Lintas Perangkat Daerah Kabupaten Karo 2021. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Karo, Sumatera Utara, menggelar Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerh Tahun 2021. Forum ini diharapkan memberikan masukan dalam rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kabupaten Karo di tahun 2022.

Forum yang digelar selama dua hari, sejak Kamis 4 Maret-Jumat 5 Maret 2021, di Aula Kantor Bupati Karo, Kabanjahe, dilangsungkan dengan menerapkan protokol kesehatan, dan dikuti secara daring.

Bupati Karo Terkelin Brahmana menegaskan, forum ini salah satu tahapan dalam menyusun rencana pembangunan tahun 2022, dan sebagai tindak lanjut dari Musrenbang di tingkat desa dan kecamatan.

Baca : Ini Tiga Prioritas Pembangunan Kabupaten Karo 2022

“Hasil dari forum ini akan menjadi masukan rencana kerja perangkat daerah (RKPD) Kabupaten Karo tahun 2022,” kata Terkelin saat membuka kegiatan tersebut.

Bupati menegaskan, untuk menciptakan konsep pembangunan yang baik harus didukung dengan data valid dan akurat.

Baca Juga:

Pemkab Karo Dukung Digelarnya Latsitarda Nusantara ke-XLI Tahun 2021

UQB Pilih Bupati Karo Sebagai Pembicara Webinar Studi Hukum

“Maka untuk perencanaan pembangunan tahun 2022, seluruh usulan program dan kegiatan hendaknya dilengkapi dan didasari dengan data yang akurat. Sehingga agenda pembangunan yang dilaksanakan akan tepat sasaran, efisien dan berkelanjutan,” tegasnya.

Dihadapan peserta forum, Terkelin Brahmana mengingatkan masa pandemi Covid-19.

“Hal penting lainnya yang perlu menjadi perhatian kita, pandemi Covid-19.  Memaksa kita bagaimana memanfaatkan anggaran dan sumber daya yang ada agar pembangunan tetap berjalan di masa pandemi ini. Inovasi dan kerja keras sangat dibutuhkan untuk menghadapi tantangan ini. Manfaatkan anggaran dan kemampuan yang ada seefektif mungkin dan seefisien mungkin,” imbuhnya.

Forum ini dilaksanakan dengan dasar amanahUndang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN), Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan Daerah,  serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2008. Yang  mewajibkan pemerintah daerah untuk menyusun perencanaan pembangunan daerah yang akuntabel dan juga partisipatif.

Forum Lintas Perangkat Daerah Kabupaten Karo 2021, dihadiri Ketua DPRD Karo Iriani Tarigan, Sekda Kabupaten Karo Kamperas Terkelin Purba, Asisten Ekonomi Pembangunan Dapatkita Sinulingga, Asisten Administrasi Umum Mulianta Tarigan, dan para perangkat daerah serta camat. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *