Kabupaten Karo Ikuti Indonesian Spices Forum-Business Expo 2020

oleh -449 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Sebayang dan pejabat Pemkab Karo saat menghadiri soft launchung Indonesian Spices Forum-Business Expo 2020 yang digelar Kementerian Pertanian, Senin 27 Januari 2020. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Kabupaten Karo mengikuti kegiatan Indonesian Spices Forum dan Business Expo 2020 yang digelar Kementerian Pertanian. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembalikan masa kejayaan rempah Indonesia.

Soft launching Indonesian Spices Forum dan Business Expo 2020, Senin 27 Januari 2020, di Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, dihadiri Bupati Karo Terkelin Brahmana, Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Sebayang, Asisten I Pemkab Karo Suang Karokaro, Kadis Pariwisata Munarta Ginting dan Kadis Deprindag Edison Karokaro.

Terkelin mengungkapan kegiatan yang digelar Kementerian Pertanian dengan menghelat Indonesian Spices Forum dan Business Expo 2020, dalam rangka mengangkat potensi hasil pertanian yang tersebar di seluruh Indonesia guna mengembalikan kejayaan rempah Indonesia.

Kabuapten Karo, kata Terkelin, merupakan salah satu daerah yang berpotensi sebagai penghasil rempah.

Baca Berita:

Dijamin Camat dan Buat Pernyataan, 6 Tersangka Pungli Wisatawan Air Panas Dibebaskan

Tahun Baru Imlek 2020, Kota Wisata Berastagi Mulai Dipadati Wisatawan

“Ini ditilik dari latarbelakang, faktor kultur, geografis dan iklimnya. Masyarakat Karo masih berpeluang untuk mengembangkan dan membudidayakannya. Tinggal bagaimana cara Pemerintah Pusat  mengembangkan tanaman rempah ini. Sesuai program yang baru pertama kali ini digagas oleh Kementerian Pertanian sehingga dapat berjalan di daerah nantinya,” katanya.

Menurutnya, produk rempah-rempah perlu terus dipromosikan dan memiliki potensi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat petani khususnya di Kabupaten Karo.

“Keikutsertaan  Kabupaten Karo  dalam kegiatan Indonesian Spices Forum dan Business Expo 2020, yang  digelar tanggal 17-19 April 2020 di Sasono Utomo  Taman Mini Indonesia Indah, momentum ini sebagai promosi dan dedikasi hasil rempah Kabupaten Karo. Dan, Kabupaten Karo akan turut serta dalam kegiatan tersebut,” tegasnya.

Direktur Tanaman Semusim dan Rempah, Kementerian Pertanian, Agus Wahyudi menyatakan, diselenggarakannya kegiatan Indonesian Spices Forum dan Business Expo 2020 guna mengembalikan kejayaan rempah Indonesia.

Selain itu, sebut Agus, kegiatan ini meningkatkan promosi rempah-rempah Indonesia, dan pengembangan rempah-rempah di seluruh Indonesia, seperti kayu manis, kapulaga, pala, cengkeh, jahe, kemiri, ketumbar, kunyit, lada, lengkuas, sereh, vanila, temulawak, bawang, bangle, kencur, asam jawa, jeruk nipis, kecombrang, asam gelugur, asam kandis, lempuyang, daun salam.

Agus menambahkan, Indonesian Spices Forum dan Business Expo 2020 akan digelar pada 17-19 April 2020 di Sasono Utomo  Taman Mini Indonesia Indah dengan melibatkan berbagai pihak, baik sektor pemerintah kementerian/lembaga, propinsi, kabupaten/kota, investor swasta , eksportir dan praktisi dan pemerhati rempah. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *