Dijamin Camat dan Buat Pernyataan, 6 Tersangka Pungli Wisatawan Air Panas Dibebaskan

oleh -809 Kali Dibaca
Keenam orang yang diamankan personel Satreskrim Polsekta Berastagi dalam kasus pungli terhadap wisatawan air panas. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM – Enam tersangka pungutan liar (pungli) kepada pengunjung wisata air panas di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, dilepas. Hal ini menyusul setelah adanya jaminan dari Camat Berastagi, Karang Taruna, dan pernyataan keenam tersangka tidak akan mengulangi perbuatannya.

Mulanya, Kepolisian Sektor Kota (Polsekta) Berastagi menerima laporan masyarakat akan adanya aksi sejumlah pria yang melakukan pungutan liar dengan memodus operandi, mengutip uang kepada tiap pengunjung sebesar Rp5.000, serta  menjual air mineral.

Mendapat laporan itu, personel Satuan Reserse Kriminal Polsekta Berastagi bertindak cepat dan mengamankan keenam tersangka secara terpisah, pada Minggu dinihari, 26 Januari 2020.

Simak Berita: Pemkab Karo Setop Penarikan Retribusi ke Wisata Air Panas-Gunung Sibayak

Kanit Reskrim Polsekta Berastagi Iptu Master Gun Surbakti menjelaskan, semula Polsekta Berastagi menerima laporan dari masyarakat akan tindakan sejumlah pria tersebut. Merespons laporan warga, personel Reskrim Polsekta Berastagi turun ke lokasi kejadian dan berhasil menangkap tangan sejumlah tersangka.

“Empat orang pertama yang di tangkap Unit Reskrim Polsekta Berastagi, Saul Silalahi (38 tahun), Puja Ginting (17 tahun), Jointa Ginting (34 tahun), dan Afriansyah Tarigan ( 28 tahun). Keempatnya tertangkap tangan ketika sedang melakukan pungli di pinggir jalan menuju pemandian air panas Desa Semangat Gunung,” kata Iptu Master Gun Surbakti didampingi Bripka Alifren Jakson Ginting, Senin 27 Januari 2020.

Baca Berita:

Tahun Baru Imlek 2020, Kota Wisata Berastagi Mulai Dipadati Wisatawan

Bupati Karo Ajak Masyarakat Lestarikan Adat Karo

Personel Reskrim Polsekta Berastagi turut  menyita barang bukti berupa tiga kardus minuman mineral Aqua, uang tunai Rp213 ribu.

Pemburuan terhadap komplotan tersebut terus dilakukan Reskrim Polsekta Berastagi yang kembali berhasil mengamankan Jimmy Estrado Silalahi (27 tahun) dan Suwardi (38 tahun) dengan barang bukti berupa satu kardus minuman mineral Aqua, uang tunai Rp 429 ribu, satu unit telepon genggam.

Iptu Master Gun Surbakti menegaskan, komplotan ini melakukan pungutan liar sebesar Rp5.000 kepada tiap pengunjung dengan dalih jaga malam, juga menawarkan minuman mineral.

“Modusnya, para tersangka memberhentikan kendaraan roda dua dan empat (pengunjung). Dengan menawarkan minuman air mineral sekaligus meminta uang masuk sebesar Rp5.000 per orang. Mereka berdalih jaga malam. Tidak jarang, para pelaku meminta uang dengan memaksa sehingga terjadi keributan dengan pengunjung yang akan ke pemandian air panas tersebut,” tegas Iptu Master Gun Surbakti.

Kanit Reskrim Polsekta Berastagi Iptu Master Gun Surbakti mengakui keenam tersangka dibebaskan, setelah Polsekta Berastagi menerima jaminan dari Camat Berastagi Mirton Ketaren.

“Keenam tersangka pungli  telah bebas dan membuat surat pernyataan untuk tidak mengulang kembali perbuatannya. Dijamin Camat Berastagi Mirton Ketaren dan pihak Karang Taruna Desa Doulu, Ronald Ginting dan M. Risky Sembiring,” pungkas Iptu Master Gun. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *