Pemekaran Wilayah Desa Batukarang Disahkan

oleh -264 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi di acara Rakorda Peningkatan Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, yang dilangsungkan di Kantor Gubernur Sumatera Utara, pada Selasa 22 Oktober 2019 lalu. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Pemekaran wilayah Desa Batukarang di Kecamatan Payung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, telah diberlakukan. Desa Persiapan Batukarang Kuta, hasil pemekaran Desa Batukarang, telah mendapatkan kode register dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Dengan terbitnya kode register itu, maka Desa Persiapan Batukarang Kuta diberlakukan hingga tiga tahun sampai status definitif.

Bupati Karo Terkelin Brahmana menegaskan pemekaran wilayah Desa Batukarang menjadi dua desa, ditindaklanjuti atas aspirasi warga.

“Akhirnya, setelah melalui proses yang panjang, Desa (persiapan) Batukarang Kuta yang merupakan pemekaran dari desa induk, Desa Batukarang, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo, telah mendapatkan kode register dari Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. Sesuai undang-undang, desa persiapan akan diberlakukan selama satu hingga tiga tahun,” kata Bupati Karo Terkelin Brahmana, Senin 28 Oktber 2019.

Sebelumnya, Bupati Karo melalui Surat Nomor: 140/3199/Bina Pemdes/2019 tanggal 16 Agustus 2019 tentang Permohonan  Penerbitan Kode Register Desa Persiapan Batukarang Kuta kepada Gubernur Sumatera Utara Edy Rahyamadi. Permohonan itu kemudian disetujui Gubernur Sumatera Utara melalui  Surat Nomor : 414.3/I/089 tanggal 25 Oktober 2019.

Baca Berita:

Polres Tanah Karo Tangkap 39 Pria dan 6 Wanita Kasus Narkoba

Tuntut Dana Bantuan, Penduduk Desa Gurukinayan Demo Kantor Bupati Karo

Atas persetujuan itu, Terkelin Brahmana menugaskan Kabag Pemdes Eva Angela segera berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

“Supaya dapat diterima (surat) secara fisik dan tidak mengandalkan hanya melalui komunikasi,” kata Bupati Karo.

Sementara, Eva Angela mengatakan, pihaknya segera menindaklanjuti instruksi Bupati Karo.

“Malam ini juga akan langsung turun ke Medan. Besok, Selasa (29 Oktober 2019), akan menerima surat Kode Register dari Gubernur Sumatera Utara, sesuai instruksi Bupati Karo,” katanya.

Eva mengakui telah menerima pemberitahuan persetujuan kode register Desa Persiapan Batukarang Kuta dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

“Kode register ini sudah kita terima bahwa Desa Induk Batukarang, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo memiliki kode register 12.06.11.2012. Sedangkan Desa Persiapan Batukarang Kuta, Kecamatan Payung, kode register 12.06.11.2012.0001,” ungkap Eva.

Dia melanjutkan, dengan terbitnya  kode registrasi Desa Persiapan Batukarang Kuta, Pemkab Karo akan menindaklanjuti pemekaran wilayah Desa Batukarang itu, sesuai ketentuan per- undang-undangan yang berlaku.

Dia menyatakan, peresmian Desa Persiapan Batukarang Kuta adalah momentum awal dalam pelaksanaan pemerintahan desa yang baik, bersih dan transparan.

“Pemkab Karo akan terus memantau proses Desa Persiapan Batukarang Kuta dengan keterlibatan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait termasuk kecamatan. Semoga proses Desa Persiapan Batukarang Kuta ini menuju desa definitif berjalan lancar demi percepatan dan pemerataan pembangunan di desa itu, sesuai harapan Bapak Bupati Karo,”  kata Eva.

Sedangkan dana anggaran Desa Persiapan Batukarang Kuta, kata Eva, berasal dari APBN.

“Akan diberikan oleh Pemerintah Pusat setelah nomor kode desa diterbitkan Kementerian Dalam Negeri (melalui) Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat Desa,” pungkasnya. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *