Soal Serapan Anggaran, Bupati Karo Tekankan 5 Hal Ini

oleh -175 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana, Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Sebayang bersama dengan seluruh pimpinan OPD Pemkab Karo, usai Rapat Evaluasi Serapan Anggaran Triwulan III 2019, Rabu 30 Oktober 2019, Kantor Bupati Karo, Kabanjahe. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Bupati Karo Terkelin Brahmana menekankan kepada pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Karo, lima hal utama dalam serapan anggaran (APBD). Dia meminta para pimpinan OPD serius dan menerapkannya dengan tujuan melayani serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

“Lima hal tersebut meliputi, pertama; perkuatan kebijakan money follow program dengan pendekatan holistik, integratif, tematik dan spasial. Kedua; pemantapan pengelolaan keuangan, aset dan implikasinya terhadap penjadwalan pelaksanaan program dan kegiatan. Ketiga; penguatan fungsi pengawasan kinerja dan manajemen kerja. Keempat; pembenahan manajemen sumber daya aparatur, dan kelima; penguatan sistem nilai dan mekanisme kerja,” tegas Terkelin Brahmana di Rapat Evaluasi Serapan Anggaran Triwulan III 2019, Rabu 30 Oktober 2019, di Kantor Bupati Karo, Kabanjahe.

Kepada para aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemda Karo, Terkelin mengingatkan soal peningkatan kompetensi, kedisiplinan, juga sinergi antar instansi.

Baca Berita:

Berdalih Gaji Kecil, Remaja Ini Ternyata Sudah 5 Kali Curi Kendaraan Angkutan

Warga Relokasi Dampak Sinabung Tuntut Uang Sewa Rumah dan Lahan

“Mulai dari Sekda, Bappeda, BPKPAD, Inspektorat dan seluruh OPD dalam mengawal dan mengendalikan pelaksanaan program, kegiatan sesuai tema utama: Pembangunan, Indikator Kinerja Utama (IKU), baik pada level Pemda maupun level OPD,” katanya.

Menyoal kedisiplinan, Terkelin menguraikan hal itu mencakup kinerja baik dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan termasuk atas kewenangan anggaran , aset, dokumen, dan personel.

Dihadapa Wakil Bupati Kaaro Cory S. Sebayang, Wakil Ketua DPRD Karo Sadarta Bukit, Sekda Karo Kamperas Terkelin Purba, Asisten I  Suang Karokaro, Asisten III Mulianta Tarigan, Plt Asisten II Gelora Fajar Purba, dan para ASN, Terkelin menegaskan, visi-misi OPD hanya saja yang sudah termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Tidak ada lagi  visi- misi OPD yang ada hanya visi-misi kepala daerah dan telah kita jadikan visi-misi daerah dalam RPJMD,” pungkas Terkelin.

Dalam rapat evaluasi itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Wakil Bupati Karo Cory S. Sebayang mengumunkan dan menyerahkan piagam penghargaan kepada pimpinan OPD terbaik dalam kategori penyerapan anggaran.

Kategori unsur penunjang  diraih Inspektorat Pemkab Karo, Dinas Komunikasi dan Informatika meraih penghargaan terbaik kategori i unsur pelaksana, pencapaian target PAD terbaik Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD).

Realisasi PBB Kategori Kecamatan Terbaik diraih Kecamatan Juhar, Merdeka dan Kecamatan Kabanjahe. Realisasi PBB Kategori Desa dan Kelurahan Terbaik, diraih Desa Dolat Rakyat, Gonsol dan Tongging, Sedangkan kategori camat terbaik dalam pelaksanaan intensifikasi dan ekstensifikasi PBB, diraih Camat Tiga Panah. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *