Dishub Sukabumi Intensifkan Kelaikan Bus Lebaran

oleh -867 Kali Dibaca
Dishub
Dishub

POSBOGOR.COM – Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, mengintensifkan pemeriksaan kelaikan jalan bus yang akan dijadikan angkutan mudik dan balik Idul Fitri 1437 Hijriah.

“Kami terus melakukan pemeriksaan untuk memastikan setiap bus yang akan beroperasi mengangkut para pemudik laik jalan,” kata Kepala Terminal Sudirman Dishub Kota Sukabumi, Yuky Rahmat di Sukabumi, kemaren.

Pemeriksaan rutin ini bertujuan untuk antisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas khususnya saat musim mudik dan balik lebaran. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mencapai target “zero accident”.

Sesuai data dishub setempat, jumlah bus yang akan dioperasikan menjadi angkutan lebaran ini sebanyak 750 unit ditambah cadangan 10 persen.

Saat ini, jumlah bus yang sudah menjalani pemeriksaan dari petugas penguji kendaraan bermotor dari Dishub Kota Sukabumi sebanyak 525 armada atau sekitar 75 persen.

“Selain armadanya yang kami periksa, awak bus mulai dari sopir hingga kernetnya pun kami periksa dan setiap bus yang akan beroperasi wajib menyediakan alat keselamatan seperti palu pemecah kaca, alat pemadam kebakaran ringan dan lain-lain agar si pemudik merasa aman,” tambah Yuky.

Kepala Dishub Kota Sukabumi, Abdul Rachman mengatakan jumlah tempat duduk yang disiapkan setiap harinya sebanyak 4.266 seat. Diperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada H-3 lebaran. “Mayoritas pemudikan sebagai besar tujuannya ke sejumlah daerah di Jabar dan Jawa Tengah,” katanya.[ANT/GUN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *