Lagi, BNPB Segerah Gucurkan Dana Buat Pengungsi Sinabung

oleh -1.885 Kali Dibaca
Bupati Karo serta perwakilan pengungsi saat berada di kantor BNPB.

 

Bupati Karo serta perwakilan pengungsi saat berada di kantor BNPB.

RIENEWS.COM – Melanjuti pertemuan di kantor Staf Presiden pada Rabu 13 September perwakilan Pengungsi dan Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama SKPD terkait mendatangi kantor BNPB pusat didampingi tenaga ahli Madya Kepala Staf Kepresidenan Roy Abimanyu Jl.Pramuka Kav.38 Jakarta Timur, Kamis 14 September 2017.

Ir.Taufik Kartiko,MSi sebagai Direktur Penanganan Pengungsi pada Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi, menyambut kedatangan Rombongan KSP dan Bupati Karo serta  langsung menggelar pertemuan.

BNPB belum menggelontorkan dana yang diajukan oleh pihak Pemkab Karo, mengenai sewa rumah dan lahan.Taufik Kartiko menjelaskan, pengalaman relokasi tahap ke II banyak temuan-temuan bagi pengungsi saat tim verifikasi BPKP mengadakan audit, dimana banyak ditemukan dana DSP (dana siap pakai) yang digelontorkan dan sudah tersalur langsung kepada masyarakat pengungsi melalui rekening masing masing.
Bupati Karo Terkelin Brahmana berterimakasih kepada pihak BNPB, walaupun agak alot dalam pertemuan kita ini, tapi saya sangat senang, sebab sudah ada kesimpulan untuk masyarakat pengungsi, yang mana minggu depan, uang akan dikirim ke Kas Pemkab Karo guna uang sewa rumah dan lahan yang mana pemkab karo klaim sebagai uang “kebutuhan hidup” sesuai hasil rapat yang telah diputuskan  bersama SKPD.

Martin Sitepu Kalak BPBD Karo menegaskan, kedepan pihak pemkab Karo akan menampung bagi masyrakat pengungsi yang semuanya belum terdata, selain dari by name by addres relokasi tahap ke III untuk  181 KK, maka pihak BPBD akan menganggarkan di APBD Karo.

jika ada masyakat pengungsi tertinggal saat pendataan, jadi kita tetap fokus memperjuangkan hak pengungsi, oleh sebab itu DPRD karo, kedepan mohon bekerjasama dengan pemkab karo dalam hal anggaran kebutuhan pengungsi yang tidak tercakup dalam sekarang ini , yang telah diajukan nomenklaturnya ke pihak BNPB, Ujar Martin Sitepu.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Roy Abimanyu KSP, Kepala Bidang Data BNPB Dr. Agus Wibowo, Jhon Karya Sukatendel DPRD Karo, Kades Sukanalu Sentosa Sitepu, Kades Sigarang garang Andisaputra ginting, Oktavenus sitepu Sekdes Sukanalu.[BAY]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *