Pasca Rusuh, 167 Narapidana Kembali ke Rutan Kabanjahe

oleh -217 Kali Dibaca
Evakuasi narapidana dari dalam Rutan Kabanjahe saat terjadinya kerusuhan pada abu 12 Febaruari 2020. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM – Sebanyak 167 narapidana di antaranya narapidana wanita dikembalikan ke dalam Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kabanjahe, Jalan Bhayangkara, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Pasca meletusnya kerusuhan di dalam Rutan Kabanjahe, Rabu 12 Februari 2020 lalu, seluruh warga binaan berjumah sekitar 410 orang, terdiri dari narapidana laki-laki dan wanita serta tahanan yang masih menjalani persidangan diungsikan ke sejumlah Lapas/Rutan di Sumatera Utara dan sel tahanan Polsek di jajaran Polres Tanah Karo.

Simak Berita: Ini Versi Menteri Yasonna Laoly Musabab Rusuh di Rutan Kabanjahe

Dampak dari kerusuhan itu sekitar 70 persen bangunan dan fasilatas di Rutan Kabanjahe rusak dan dibakar.

Pelaksana tugas (Plt) Kepela Rutan Kabanjahe, Enjat Lukmanul Hakim menegaskan ke-167 narapidana akan ditempatkan di sejumlah blok tahanan sementara yang dianggap masih layak. Sedangkan upaya perbaikan terhadap terhadap fasilitas umum di dalam lingkungan masih terus dilakukan.

Baca Berita: 

Bupati Karo Optimis Akan Peroleh Penilaian WTP BPK

Menteri Wishnutama: Saya Dengar Karo Banyak Objek Unggulan, Akan Saya Kunjungi

“Dengan keterbatasan sarana dan prasarana, sementara kita fungsikan blok hunian sementara, dan untuk operasional. Minimal sudah bisa kita laksanakan,” tegas Enjat kepada wartawan, Jumat 21  Februari 2020.

Dijelaskannya, ke-167 narapidana secara bertahap dikembalikan ke dalam Rutan Kabanjahe. Enjat menyatakan, kondisi Rutan Kabanjahe saat ini aman dan kondusif.

“Untuk warga binaan yang di sini sudah 167 napi dipulangkan. Saat ini kondisi (Rutan) aman dan kondusif,” katanya.

Dari 167 narapidana yang telah dikembalikan ke Rutan Kabanjahe, 11 di antaranya narapidana wanita, dan seorang narapidana kini dirawat di RSUD Kabanjahe.

“Dari  semuanya itu termasuk ada 11 warga binaan wanita, dan tadi (Jumat) pagi kita juga sudah memberikan arahan kepada warga binaan untuk melaksanakan kebersihan-kebersihan,” imbuhnya. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *