Pengusaha Humbahas Yakin Pasangan DJOSS Mampu Majukan UMK

oleh -1.890 Kali Dibaca
Djarot Saiful Hidayat (kanan) saat mencoba minuman wine coffee olahan usaha rakyat di Kabupaten Humbahas,Sumatera Utara.
Djarot Saiful Hidayat (kanan) saat mencoba minuman wine coffee olahan usaha rakyat di Kabupaten Humbahas,Sumatera Utara.

RIENEWS.COM – Pengusaha lokal di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, meyakini pasangan calon Gubernur/Wakil Gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat- Sihar Sitorus “DJOSS” mampu memacu perkembangan Usaha Kecil Menengah (UMK).

“Khususnya untuk Sumut ini harapan kita pada pasangan DJOSS. Beberapa waktu lalu kita sudah perkenalkan produk industri rumahan kita seperti kopi Arabika lingtong kepada pasangan DJOSS saat berkunjung ke Humbahas. Dan kita berharap itu didukung,” kata Harapan Munthe.

KLIK: BNPB: Musim Hujan, Pulau Jawa Rawan Longsor

Harapan Munthe merupakan pengusaha UKM di Kabupaten Humbahas. Dia memimpin Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI) di Humbahas, mengungkapkan, pengembangan UKM di daerah sangat dibutuhkan sebagai penopang perekonomian rakyat.

“Karena dari aspek perekonomian usaha mikro lebih dominan dilakukan di daerah sebagai sumber kehidupan,” kata Harapan.

Menurutnya, jika pengusaha kecil terus dikembangkan maka kesejahteraan masyarakat akan semakin baik.

Selama ini, kata Harapan, dalam pengembangan usaha kopi rakyat oleh UKM, di antaranya wine coffee, peran Pemerintah Provinsi Sumatera Utara belum maksimal.

Kepada pasangan DJOSS, Harapan optimistis pasangan dinilai serasi itu dapat melakukan pemaksimalan pengembangan.

“Pasangan DJOSS adalah perpaduan dari pakar birokrasi dan pakar pengusaha. Bukan hanya pelaku, tetapi sudah pakar. Contohnya Djarot sudah sangat pengalaman di Blitar dan di Jakarta. Jakarta kan tolak ukur pembangunan Nusantara. Demikian juga Sihar, jangan ditanyak lagi. Doakan sudah kembangkan multi usaha,” tegas Harapan.

Sihar Sitorus menilai pengembangan UKM di daerah bukan sebatas program, melainkan salah satu tujuan untuk maju di Pilgub Sumut. UKM merupakan tiang pengokoh perekonomian daerah. Serta dapat mendongkrak taraf hidup masyarakat.

“Tujuan saya datang ke Sumut kan salah satunya itu. Membangun UKM yang lebih baik. Kita sudah pastilah kembangkan sektor usaha masyarakat,” ujar Sihar.

Menurut Sihar, pengembangan UKM bukan hanya sebatas pengembangan pasar dalam arti luas.Tetapi juga pengembangan sektor pendukung UKM itu sendiri. Seperti pendidikan, komunitas dan konsentrasi usaha oleh pengusaha lokal.

“Contohnya di Humbahas, kopi Arabika Lingtong. Kopi spesial dari dataran tinggi Danau Toba. Kopi itukan istimewa dan saat ini sudah dikembangkan masyarakat. Nanti kita akan mendukung pengembangan kopi ini agar lebih maksimal dari yang ada saat ini,” ujar Sihar. (ROM)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *