Pemerintah Klaim Vaksin Covid Aman dan Lolos Uji Klinis

oleh -125 Kali Dibaca
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito. [Foto BNPB | Rienews]

RIENEWS.COM – Kementerian Kesehatan saat ini sedang fokus untuk menyelesaikan peta jalan atau roadmap Vaksinasi Covid-19. Roadmap ini nantinya akan menjadi panduan dalam tahapan vaksinasi, termasuk panduan yang mengatur tentang penerima vaksin, jadwal vaksin, dan alur distribusi vaksin.

“Saya mengimbau agar masyarakat tidak resah dan khawatir karena pemerintah pasti akan menyediakan vaksin yang terbukti aman dan lolos uji klinis sesuai rekomendasi WHO (World Health Organization),” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito melalui keterangan pers secara daring, pada Kamis 5 November 2020.

Menurut Wiku, sampai saat ini WHO optimis bahwa para peneliti akan mampu mengembangkan vaksin Covid-19 yang aman dan efektif.

Baca Berita:

Pemkab Karo-Pemkab Dairi Jalin Kerja Sama RT-RPJMD

Status Gunung Merapi Menjadi Siaga, Ini 12 Desa Masuk Wilayah Bahaya

Ada beragam jenis vaksin potensial yang sedang dikembangkan di berbagai belahan dunia dan telah masuk uji klinis fase 3. Dan, banyak masyarakat menaruh harapan terhadap ketersediaan vaksin.

Pemerintah sendiri saat ini tengah mengakselerasi persiapan logistik dan SDM untuk persiapan vaksin Covid-19.

Pendistribusian vaksin akan disesuaikan dengan urutan prioritas seperti kelompok berisiko serta penduduk dengan risiko wilayahnya.

“Meski demikian kami berharap tidak semata-mata menunggu vaksin dan mengabaikan protokol kesehatan. Untuk saat ini, taat protokol kesehatan adalah satu-satunya jalan terhindar dari Covid-19,” pesan Wiku. (Red | Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *