Pertanian Karo Masuk Program Gerakan Tiga Kali Ekspor Kementan

oleh -162 Kali Dibaca
Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Belawan Hasrul bersama Bupati Karo Terkelin Brahmana saat mengunjungi lokasi pembudiyaan tanaman pertanian di PT Horti Jaya Lestari, Desa Dokan, Kecamatan Merek. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Pertanian Kabupaten Karo didorong mengikuti program Gerakan tiga kali ekspor (Gratieks) yang digagas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Program ini mendorong pengusaha dan eksportir melipatgandakan lalu lintas ekspor pertanian menjadi tiga kali lipat.

“Daerah Kabupaten Karo salah satu  yang sangat tepat untuk dilakukan pencanangan Gratieks,” ungkap Kepala  Balai Besar Karantina Pertanian Belawan Hasrul saat mengunjungi lokasi pembudiyaan tanaman pertanian milik PT Horti Jaya Lestari di Desa Dokan, Kecamatan Merek, Selasa 25 Agustus 2020.

Menurut Hasrul, kunjungannya ke Kabupaten Karo sekaligus melakukan survei menjelang kedatangan Menteri Syahrul Yasin Limpo  pada akhir Agustus 2020.

“Inilah kita tinjau kesiapan untuk bahan disampaikan ke Kementan. Karena gerakan  ini merupakan bagian dari program jangka panjang yang diyakini memiliki dampak besar pada roda ekonomi nasional,” kata Hasrul didampingi Bupati Karo Terkelin Brahmana, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Utara Khadijah El Ramija, Kepala Dinas Pertanian Metehsa Purba, dan Kepala Bidang Hortikultura Michael Purba.

Baca Berita:

Tujuh Varietas Tanaman Lokal Karo Mendapatkan Daftar Izin Pusat PVTPP

Pengurus KMDT Karo Periode 2020–2025 Dilantik

“Upaya ini sekaligus merealisasikan arahan Menteri Pertanian dalam mendorong roda ekonomi Kabupaten Karo cepat pulih terlebih dalam situasi pandemi Covid-19,” tuturnya.

Bupati Karo Terkelin Brahmana mengapresiasi dimasukkannya Kabupaten Karo dalam program Gratieks Kementerian Pertanian (Kementan).

“Program Gratieks ini sangat berguna dan bermanfaat. Sebab  Gratieks adalah gerakan peningkatan ekspor pertanian untuk menyatukan kekuatan seluruh pemegang kepentingan pembangunan pertanian dari hulu sampai hilir,” imbuhnya.

Terkelin berharap dengan kunjungan Menteri Syahrul Yasin Limpo nantinya, dapat menjadi semangat para petani meski dalam kondisi harga komoditas pertanian saat ini berfluktuasi.

Kepala Dinas Pertanian Karo Metehsa Purba menambahkan ada dua hal yang akan dicanangkan selama kunjungan kerja Menteri Syahrul Yasin Limpo ke Kabupaten Karo.

“Seandainya sesuai rencana,  Menteri Pertanian akan memberikan bantuan bibit hortikultura kepada masyarakat berupa  kentang, kubis dan meningkatkan ekspor pengirman kubis keluar Sumatera,”  ujarnya. (Rep-01)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *