Retribusi Wisata Karo Tidak Soal, Asal Jalan Diperbaiki

oleh -1.086 Kali Dibaca
Satu unit kendaraan melintasi pos pengutipan, retribusi wisata air panas Desa Semangat Gunung, Kecamatan Merdeka, Kabupate Karo, Minggu 21 Oktober 2018. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM – Sejumlah pengunjung air panas di Desa Semangat Gunung, Kecamatan Merdeka, Kabupate Karo, Sumatera Utara, meminta Pemerintah Kabupaten Karo agar segera memperbaiki jalan.

Para pengunjung mengaku tidak mempersoalan kutipan, retribusi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Karo.  Pengunjung mengingatkan Pemerintah Karo agar memperhatikan kondisi jalan menuju wisata air panas Desa Semangat Gunung.

Pengamatan Minggu 21 Oktober 2018, tidak tampak petugas retribusi yang melakukan aktivitas pengutipan kepada pengunjung memasuki wisata air panas di Desa Semangat Gunung. Sejumlah pengunjung yang berwisata ke air panas Desa Semangat Gunung pun berlalu begitu saja melintas pos retribusi.

Baca Berita: Polisi Amankan 7 Petugas Retribusi Air Panas Raja Berneh Karo

Beberapa waktu lalu, Polres Tanah Karo mengamankan tujuh petugas retribusi dari kawasan itu.

Seorang pengunjung, Marsius menyatakan tidak keberatan dengan kutipan tersebut.  Hanya saja, sebut Marsius sebagai pengunjung dirinya meminta Pemerintah Karo memperhatikan dan memperbaiki kondisi jalan yang ada.

“Enggak masalah, tapi tolonglah jalannya itu diperbaiki agar pengunjung ini tak bosan-bosan masuk ke air panas ini,” imbuh Marsius.

Pengunjung lainnya, Stevanus merasa pesimis adanya perbaikan jalan. “Kalau menurut saya ya, dibayar pun retribusi masuk ke objek wisata ini itu pun (jalan) tidak diperbaiki. Konon pula gratis, boro-boro sajalah,” ujar Stevanus.

Bukan tanpa alasan Stevanus merasa pesimis akan adanya perbaikan jalan menuju wisata air panas Desa Semangat Gunung.

“Dua tahun  yang lewat pun saya kemari juga bawa keluarga. Itu pun (jalan) rusak juga, terus sekarang pun kemari lagi, malahan jalannya sudah semakin parah lagi.  Beberapa hari yang lalu jalan tersebut digenangi banjir,” kata Stevanus.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karo Mulia Barus menegaskan pengutipan retribusi masih tetap dilakukan.

“Pengutipan (retribusi) terus dilakukan. Mungkin karena banjir kemarin, takutnya tidak ada tamu yang masuk ke objek wisata tersebut.  Gara-gara itu mungkin tidak ada pegawai kita di pos itu,” ujar Mulia Barus.

Menyoal perbaikan jalan yang banyak dikeluhkan pengunjung, Mulia Barus menegaskan Selasa depan akan dilakukan perbaikan.

“Hari Selasa sudah mulai pengerjaannya,” pungkas Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karo. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *