Rusuh di Rutan Kabanjahe, Bupati Imbau Warga Tetap Tenang

oleh -324 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana langsung meninjau Rutan Kelas IIB Kabanjahe, Rabu sore, 12 Februari 2020. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM – Bupati Karo Terkelin Brahmana mengimbau warga di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, untuk tetap tenang dan tidak percaya berita hoaks terkait kerusuhan di Rumah Tahanan Kelas IIB Kabanjahe yang terjadi pada Rabu siang, 12 Februari 2020.

Dalam kerusuhan itu, bangunan Rutan Kelas IIB Kabanjahe terbakar dan tak dapat difungsikan kembali. Sementara penyebab kerusuhan masih didalami pihak terkait.

“Kerusuhan dapat dikendalikan oleh aparat gabungan Polri/TNI. Saya mengimbau kepada masyarakat tetap tenang, jangan percaya berita hoaks dan berita yang tidak jelas sumbernya. Mari kita tunggu hasil dari pihak yang berwenang,” kata Terkelin saat meninjau lokasi Rutan Kabanjahe.

Kepala Divisi Permasyarakatan Kantor  Wilayah Kemenkumham Sumatera Utara, Mhd. Jahari Sitepu menegaskan tidak ada korban jiwa dalam kerusuhan tersebut.

Baca Berita:

Apa Pemicu Rusuh di Rutan Kelas IIB Kabanjahe

Paritrana Award 2019 BPJS Ketenagakerjaan, Terkelin: Pemkab Karo Selalu Komit

“Tidak ada korban jiwa. Ini karena kesigapan dari Batalyon Infanteri Simbisa 125/TK yang mengerahkan 1 pleton lebih  personel, Kodim 0205 TK, jajaran Polres Tanah Karo, Satpol PP, serta kesigapan Tim Damkar Pemadam Kebakaran Tanah Karo,” ujar Jahari.

Jahari mengungkapkan, saat kerusuhan terjadi warga binaan Rutan Kelas IIB Kabanjahe sempat melakukan perlawanan dengan melemparkan batu.

Mengenai penyulut kerusuhan oleh narapidana, Jahari mengaku masih pendalaman.

“Masih belum dapat disimpulkan, kita tunggu saja. Masih berlangsung evakuasi untuk menggeser warga binaan ke Polres dan ke Polsek berastagi dan Polsek Tigapanah,” katanya.

Jahari menyebutkan tindakan narapidana merupakan perbuatan berbahaya, karena harus segera dilakukan tindakan cepat. Diakuinya, penghuni Rutan Kelas IIB Kabanjahe melebihi daya tampung.

“Saya tahu semua sel tahanan di Sumatera Utara over kapasitas. Untuk itu, saya sarankan narapidana (dari Rutan Kelas IIB Kabanjahe) dikirim ke Sidikalang secepatnya dan itu sudah dikoordinasikan,” katanya. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *