Wisata Karo Kembali Dibuka, Bupati Karo Tegaskan Protokol Kesehatan Harus Diterapkan

oleh -497 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Ketua DPRD Karo Iriani Tarigan membagikan masker kepada wisatawan, Minggu 19 Juli 2020. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Sempat ditutup, kini Pemerintah Kabupaten Karo, Sumatera Utara, membuka kembali sejumlah objek wisata untuk umum.

Pada Minggu 19 Juli 2020, Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Ketua DPRD Karo Iriani Tarigan, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karo Munarta Ginting, memantau kunjungan wisatawan.

Dalam pemantauan itu, ditemukan banyak wisatawan yang mengabaikan protokol kesehatan, di antaranya tidak menggunakan masker.

“Ini yang kita khawatirkan, jangan merasa sehat, ternyata datang ke sini membawa virus Covid-19. Jangan gara-gara satu orang tidak ada kesadaran, akibatnya objek wisata daerah Berastagi kembali ditutup,” ujar Terkelin.

Berita Terkait: Cegah Virus Corona, Pemkab Karo Tutup Lokasi Wisata

Bupati meminta meminta Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karo Munarta Ginting agar lebih menegakkan disiplin protokol kesehatan kepada para wisatawan.

“Kadis Pariwisata agar dapat mengontrol dan lakukan pengawasan protokol kesehatan kepada wisatawan. Ini antisipasi, kita tidak mau terjadi penyebaran virus Covid-19 semakin tinggi, akibat kesadaran dan ketidakpatuhan masyarakat,” tegas Terkelin.

Baca Berita: 

Ini Tiga Faktor Penyebab Banjir Bandang di Kabupaten Luwu Utara

Update Banjir Bandang Luwu Utara, Korban Meninggal Dunia Bertambah Menjadi 36 Orang

Ketua DPRD Karo Iriani Tarigan mengingatkan dengan dibukanya kembali sejumlah objek wisata di Karo, seperti Taman Menjuah Juah Berastagi dan Pasar Buah, tidak mengabaikan protokol kesehatan.

“Di sini perlu peran aktif dinas terkiat dalam mengawasi penerapan protokol kesehatan. Upaya tersebut melalui imbauan, teguran agar masyarakat yang datang paham dan mengetahui bahwa menuju adaptasi kebiasaan baru. Bukan mengabaikan protokol kesehatan. Ini perlu juga pengawasan tim pendisplinan protokol kesehatan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karo Munarta Ginting mengaku telah melakukan sosialisasi protokol kesehatan. Dengan adanya temuan, wisatawan masih abai protokol kesehatan, Munarta Ginting menegaskan akan menjadi atensi instansi yang dipimpinnya.

Munarta meminta wisatawan mematuhi protokol kesehatan demi kebaikan bersama.

“Kepada para wisatawan selalu menggunakan masker. Ini untuk kebaikan kita bersama,” katanya. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *