2 Unit Rumah Warga Kampung Cibitung Terdampak Longsor

oleh -89 Kali Dibaca
Proses pencarian dan evakuasi korban tanah longsor di area PLTA Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. [Foto BNPB | Rienews]

RIENEWS.COM – Kejadian bencana alam, tanah longsor terjadi di Kampung Cibitung, Desa Gunung Malang, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Minggu dinihari, 9  Mei 2021.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor melaporkan, dua kepala keluarga (KK)  terdampak dalam bencana alam yang berlangsung pukul 02.05 WIB tersebut.

“Tidak ada korban jiwa akibat insiden tanah longsor di kampung tersebut. Peristiwa dipicu oleh hujan deras yang cukup lama. Longsor menyasar tembok penahan tanah di kampung tersebut. BPBD setempat menyebutkan tinggi longsoran 6 meter dan panjang 12 meter,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati.

Baca Juga:

Doni Monardo: Covid-19 Ini Kasusnya Tiba-tiba Meledak Nanti Kalau Kita Tidak Hati-hati

Kasus Kematian Covid-19 Meningkat, Larangan Mudik Dinilai Langkah Tepat

Dalam peristiwa itu, satu unit rumah dalam kondisi terancam, masih dapat dihuni dan diperbaiki pemiliknya. Satu unit rumah lainnya alami kerusakan sedang.

Menyikapi insiden ini, sebut Raditya, BPBD Bogor telah melakukan penanganan darurat terhadap keluarga terdampak.

“Analisis BPBD mencatat hujan dapat memicu terjadinya longsor susulan yang berdampak pada rumah warga,” ungkap Raditya.

Prakiraan cuaca BMKG di Kecamatan Tenjolaya mencatat cuaca cerah hingga cuaca berawan. Namun demikian, wilayah Jawa Barat masih berpotensi hujan dua hari ke depan. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *