60 Warga Desa Sirumbia Ikuti Tes Urine BNN Karo

oleh -1.818 Kali Dibaca
Kepala BNN Kabupaten Karo AKBP Heppi Karokaro memberikan pembekalan P4GN kepada Relawan Anti Narkoba Desa Sirumbia, Kecamatan Simpang Empat. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM –Sebanyak 60 pemuda dan remaja Desa Sirumbia, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, mengikuti tes urine yang digelar Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Karo.

Tes urine digelar dalam rangkaian pembekalan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) serta pelantikan 26 Relawan Anti Narkoba yang dilangsungkan BNN Karo di Desa Sirumbia, Sabtu 1 September 2018.

Kepala BNN Karo AKBP Heppi Karokaro mengatakan hasil tes urine ke 60 pemuda dan remaja, hasilnya negatif. Kegiatan yang dilakukan BNN Karo dalam rangka mempersiapkan desa percontohan bebas narkoba.

“Desa Sirumbia dipersiapkan untuk Desa Percontohan bebas Narkoba dan Mandiri, sebagai perwakilan dari Kabupaten Karo dalam ajang perlombaan tingkat Nasional,” tegas Heppi.

Baca Berita: PLN Respons Keluhan Pelanggan Listrik Warga Semangat Gunung

Dalam persiapannya, BNN Karo melakukan pembekalan P4GN kepada 26 Relawan Anti Narkoba dengan pola pembekalan 8 jam.

Kepada para relawan dan warga Desa Sirumbia, Heppi menekankan sejumlah poin penting.

“Pertama; jadilah relawan yang penuh tanggung jawab, kedua; memajukan dan membentuk kenyamanan Desa Sirumbia harus dikerjakan oleh masyarakat Sirumbia sendiri. Ketiga; harus menyadari bahwa Narkoba adalah musuh kita bersama dan harus bersama-sama kita berantas, keempat; ciptakan kenyamanan dan keamanan di desa ini sehingga kita bisa hidup dan berkehidupan yang penuh rasa cinta damai,” kata Heppi.

Kepala Desa Sirumbia Arijona Sitepusebagai penanggungjawab relawan,  mengucapkan terima kasih kepada pihak BNN,  PKK, juga masyarakat desa, sehingga terbentuknya relawan anti narkoba.

“Khusus kepada Relawan yang terpilih, saya harap, bisa membantu pemerintahan desa khususnya menjaga di bidang peredaran narkoba,” imbuh Arijona.

Dia pun mengklaim warga Desa Sirumbia hingga kini belum ada terjerumus dalam  penyalahgunaan narkoba.

“Ini terbukti dari tes urine BNNK, kemarin, kepada masyarakat dan dinyatakan semua negatif,” tegas Arijona.

Ketua TP PKK Kabupaten Karo melalui Etty br Tarigan yang menghadiri kegiatan BNN Karo, mendukung kegiatan yang dilakukan, terutama melibatkan para remaja dalam berkegiatan positif.

Hal sama juga disampaikan pemergati masyarakat, Samion Peranginangin, mengaku bangga dan senang dengan kegiatan di Desa Sirumbia.

Senada dengan hal itu, Kapolsek Simpang Empat AKP Nazrides Syarif mengapresiasi Desa Sirumbia sebagai desa percontohan bersih dari narkoba.

“Tetaplah pertahankan sebagai desa percontohan,” ujar AKP Nazriedes, Minggu 2 September 2018. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *