Adri Lingga Gayo Gagas Sistem Koperasi Digitalisasi

oleh -1.062 Kali Dibaca
Ketua IKA Ikopin Adri Istambul Lingga Gayo (kiri 4) bersama Rektor Ikopin Burhanuddin Abdullah (5 kiri) foto bersama pengurus IKA Ikopin 2017-2021.

 

Ketua IKA Ikopin Adri Istambul Lingga Gayo (kiri 4) bersama Rektor Ikopin Burhanuddin Abdullah (5 kiri) foto bersama pengurus IKA Ikopin 2017-2021.

 

RIENEWS.COM – Ketua Ikatan Alumni Institut Koperasi Indonesia (IKA Ikopin) 2017-2021, Adri Istambul Lingga Gayo menyatakan  sesuai hasil Munas IKA Ikopin dan amanat Rektor Ikopin, Burhanuddin Abdullah, maka pihaknya memposisikan diri sebagai garda terdepan dalam revitalisasi koperasi sebagai sokoguru perekonomian Indonesia.

“Kami akan mendorong amanah Pasal 33 UUD 1945 itu tidak hanya sebatas jargon di negara ini, tetapi harus diimplementasikan,” kata Adri, Senin 6 November 2017.

Putra asli Kabupaten Karo, Sumatera Utara itu, menegaskan, sepanjang negara masih berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, maka negara wajib menjalankan perintah konstitusi yang menegaskan koperasi adalah sokoguru perekonomian bangsa kita.

“Kalau tidak, berarti Pemerintah sudah berkhianat,” ujar Adri, juga menjabat Wakil Ketua Umum DPP Realestat Indonesia (REI). (Baca: Burhanuddin Abdullah, Koperasi Seperti Anak Salah Asuh) 

Dijelaskannya, alumni IKA Ikopin di seluruh Indonesia yang sudah diajarkan ilmu ekonomi plus ilmu koperasi, siap dimanfaatkan tenaga dan pikirannya oleh Pemerintah dalam memajukan koperasi di Tanah Air.

Baik lewat pendidikan dan pelatihan, riset, maupun sinergi pengembangan usaha koperasi.

Langkah awal yang akan dilakukan IKA Ikopin adalah  melakukan pembinaan terhadap koperasi-koperasi yang ada melalui pemberdayaan, dan menggagas digitalisasi usaha koperasi baik dari sisi financial technology (fintech) maupun e-recrutment.

“Semua akan menggunakan sistem digitalisasi. Dan ini akan dilakukan serentak baik untuk koperasi besar, menengah, dan kecil. Kami akan prakarsai koperasi produksi dan koperasi perumahan yang dibina IKA Ikopin,” ujar Adri juga pengusaha properti tersebut. (BAY/RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *