Akses Jalan Karo-Deli Serdang, Warga dan DPRD Karo Dukung Bupati

oleh -1.721 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana (3 kiri) saat bertemu para tokoh masyarakat dan anggota DPRD Karo, Rabu 6 Februari 2019. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Masyarakat dan DPRD Kabupaten Karo mendukung program, kinerja Bupati Karo Terkelin Brahmana, terkhusus dalam pembukaan akses jalan dari Kabupaten Karo ke Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Akses jalan penghubung kedua kabupaten, saat ini sudah dibuka oleh Pemkab Karo melalui kerja sama dengan Kodim 0205/Tanah Karo di Desa Serdang, Kecamatan Barus Jahe. Jalan ini akan menghubungkan dengan Desa Rumah Liang, Kecamatan STM Hilir di Kabupaten Deli Serdang.

Dukungan ini langsung disampaikan tokoh masyarakat, Selamat Ginting (mantan Kepala Dinas PU Karo 2005), Jiwa Tarigan, Sastra Purba dan Malem Ukur Ginting, dan anggota DPRD Karo Firman Firdaus Sitepu, saat bertemu dengan Bupati Karo Terkelin Brahmana, Rabu 6 Februari 2019, di Kedai Purba Simpang Enam, Kabanjahe.

Selamat Ginting mengatakan, jalan penghubung kedua kabupaten tersebut memang sudah ada sejak lama, meski jalan setapak, atau dikenal dengan sebutan jalan perlanja sira.

“Seingat saya tahun 1979-an jalan ini diperbaiki. Saat zaman Bupati Deli Serdang dijabat oleh Tengteng Ginting. dan Bupati Karo Tampak Sebayang,” ujar Selamat Ginting.

Jalan tersebut, tegas Selamat Ginting, ditingkatkan atas adanya bantuan dana luar negeri CESS (Computer Engineering, System and Science) dari Amerika.

Baca Berita: Jalan Karo-Deli Serdang, Bupati Karo Minta DPRD Sumut Bantu Perizinan

“Dana ini setahu saya  sifatnya terbuka, sehingga diadakan perbaikan dan peningkatan saat itu. Buktinya saat itu dana CESS digunakan membangun 2 (dua) jembatan kayu dengan alas pondasi beton, lantai jembatan kayu,” tegas Selamat Ginting, mantan Kadis PU Karo tahun 2005 itu.

Baca Juga: Sopir Asal Aceh Tamiang Ditemukan Meninggal Dalam Truk

Dia menegaskan mengapresiasi dan mendukung kebijakan Bupati Karo Terkelin Brahmana membuka kembali jalan tersebut.

Penjelasan Selamat Ginting diamini Jiwa Tarigan.

“Saya juga mengapresiasi adanya niat Pemda Karo memperjuangkan jalan Karo- Deli Serdang agar segera tuntas,” ujar Jiwa Tarigan, merupakan mantan Kabag Umum DPRD Karo.

Sementara tokoh Lembaga Adat Karo (Lakonta) Sastra Purba juga saksi sejarah, mengakui jalan penghubung kedua kabupaten telah ada sejak lama, tahun 1979-an.

“Tetap kita dukung Pemda Karo memperjuangkan tembusnya jalan Karo-Deli Serdang ini. Kami Lembaga Adat Karo sangat setuju jalan ini diperjuangkan, mengingat zaman dulu, sudah ada silaturahmi antar kedua kabupaten ini,” tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan anggota DPRD Karo Firman Firdaus Sitepu. Dikatakannya, kebijakan yang sekarang  dilakukan oleh Pemda Karo, akses jalan Karo-Deli Serdang ini harus didukung.

“Terobosan yang sekarang  dilakukan oleh Pemda Karo ini harus kita dukung sebab dengan terhubungnya kedua antar-kabupaten membuat akses Desa Serdang lebih dekat ke Desa Rumah Liang di Kabupaten Deli Serdang. Apalagi sejarah (jalan) sudah ada. Tadi sudah kita dengarkan bahwa jalan setapak sudah ada. Saya selaku DPRD Karo tetap komitmen mendukung jalan ini. Jangan pernah ragu Pemda Karo demi kebaikan Tanah Karo,” pungkas Firman Firdaus

Merespons dukungan masyarakat, tokoh masyarakat dan DPRD, Bupati Karo Terkelin Brahmana menegaskan akan komitmen memperjuangkan akses jalan kedua kabupaten.

“Kami berkomitmen akan memperjuangkan peningkatan jalan Karo-Deli Serdang. Terima kasih semua saran dan masukan yang telah diberikan. Semua itu adalah positif dan membawa kemajuan Tanah Karo,” kata Terkelin. (Rep-01)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *