Arwana Band ke Cawakot Harry: Jadilah Walikota Peduli Seniman

oleh -1.387 Kali Dibaca
Personel Arwana Band Yan Machmud (kiri), Yudie Chaniago (duduk), dan Wansyah Fadli (kanan) bersama sahabat lama mereka, Calon Walikota Pontianak Nomor Urut 1, Harry Adrianto. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM – Calon Walikota Pontianak, Kalimantan Barat, Harry Adrianto dan grup musik Arwana Band bersua lagi. Di malam Valentine day, Rabu 14 Februari 2018, Yudie Chaniago, Yan Machmud, dan Wansyah (Wawan) Fadli, mengenang jalinan persahabatan mereka dengan Harry “Daya” Adrianto.

Keempat sahabat ini menggelar “reuni” di Cafeccino Jalan Dr. Soedarso, Komplek Terminal Lama, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Remaja dan komunitas seniman muda menempati deretan meja-kursi, sembari menikmati performance Arwana Band dengan lagu-lagu hits mereka.

KLIK: Begini Apresiasi Warga Tionghoa  Terhadap Cawagubsu Ijeck

 Arwana Band, grup band Nasional.

Hampir dua dekade silam, grup musik asal Kalimantan Barat ini, tergolong pendatang baru dengan mengusung aliran musik pop-rock. Meski tergolong grup band baru, masa itu, album yang dilahirkan Arwana Band mencatat rekor penjualan hingga satu juta copy.

Kesuksesan Arwana Band diganjar dengan Anugerah Musik Indonesia (AMI), khusus untuk lagu “Kepang Kampung” menjadi hits terbaik MTV Music Award se-Asia.

Kafe berarsitektur bilahan kayu, dengan ruang bartender se-vertikal- dengan panggung, dan deretan novel pada dinding, kian mendekatkan Harry-Arwana  Band dengan penonton.

Malam itu, Yan, Yudie dan Wawan tampil dengan gaya kasual, kaos dan calana jins robek. Ketiganya mengapit gitar kopong, mengeluarkan ritme-ritme menghentak telinga.

Seluruh penonton, ikut bernyanyi.

“Kami di sini pecinta seni. Ini teman-teman seniman muda Kalimantan Barat,” kata Yudie.

Yudie melanjut kalimatnya kepada penonton, “di malam kasih sayang ini, kami ingin memperkenalkan sahabat lama kami, yang sudah lama tidak bertemu.”

“30 tahun kami tidak bertemu. Ini reuni kami. Berkat beliau (Harry) kami besar,” ujar Yudie sembari mengarahkan tangannya kepada Harry Adrianto, disambut applause penonton.

Yudie menceritakan, sosok Harry berjasa atas kesuksesan Arwana. “Beliau ini dulunya wartawan dan fotografer (Ibukota Jakarta), berkat beliau kami besar,” kenang Yudie.

Tanpa bermaksud kampanye, Yudie menjelaskan, dirinya dan teman-temannya di Arwana Band, baru tahu Harry Adrianto kini maju dalam Pemilihan Walikota Pontianak.

“Kami baru tahu lihat baliho beliau kini maju sebagai  calon walikota. Kita doakan untuk bang Harry kalau jadi walikota,  peduli dengan seniman,” ujar Yudie.

Harry diajak sahabatnya, Arwana Band, naik ke atas panggung, berkarpet merah.

“Kita ternyata sudah tua,” kata Harry memulai obrolan santainya yang menuai tawa.

Persahabatan dengan Yudie, Yan, dan Wawan semasa hidup di Ibukota Jakarta, kata Harry, dilalui dengan banyak perjuangan.

“Berdarah-darah,” kata Harry mengistilahkan.

Menyoal dirinya kini terjun ke kancah politik, Pemilihan Walikota Pontianak 2018, Harry yang berpasangan dengan Yandi, menyatakan tidak pernah bermimpi.

“Ini jalan dari Tuhan Yang Maha Esa,” ujar Harry.

Merespons harapan sahabatnya, Yudie tentang peduli seniman. Harry secara serius menilai, seniman di Pontianak memerlukan wadah.

“Dulu, semasa saya kecil, di sini ada arena remaja, tempat kesenian dan kebudayaan, yang sekarang menjadi PCC (Pontianak Convention Center),” ujar Harry.

Sekarang, perubahan-perkembangan musik, seni di kalangan seniman muda kian cerdas dan berani.

“Saya ingin mengembalikan itu, ada arena panggung seni dan kebudayaan di Pontianak,” tegas Harry. (Rep-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *