Bupati Karo: Akreditasi Puskesmas Program Prioritas Pemkab

oleh -3.156 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana menyelempangkan Uis Nipes kepada Ketua Tim Suvei Akreditasi dari Kementerian Kesehatan, dr. Noerzamanti Lies Karmawati, disaksikan Kadis Kesehatan Pemkab Karo drg. Irna Safrina Meliala dan Kepala Bappeda Nasib Sianturi, Senin 15 Oktober 2018. [Foto Rienews]

RIENEWS.COM – Bupati Karo Terkelin Brahmana menegaskan pelaksanaan Survei Akreditasi Puskesmas merupakan program prioritas Pemerintah Kabupaten Karo pada bidang kesehatan di tahun 2018.

“Pembangunan bidang kesehatan merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Karo sekaligus berkomitmen untuk meningkatkan pembangunan kesehatan melalui perluasan jangkauan kesehatan dan peningkatan mutu kesehatan secara berkesinambungan yang dapat dicapai melalui Akreditasi Puskesmas,” tegas Bupati Karo.

Pernyataan itu disampaikan Bupati Karo Terkelin Brahmana pada sambutan pembukaan Survei Akreditasi UPTD Merek Tahun 2018, Senin 15 Oktober 2018, di  Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Berita Sebelumnya: Kata Bupati Karo Soal Survei Akreditasi Puskesmas

Pembukaan Survei Akreditasi Puskesmas Merek 2018, dihadiri Tim Surveyor dari Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kementerian Kesehatan, dr. Noerzamanti Lies Karmawati, M. Kes., Zatwrti, drg. Enizar Noerdin, anggota DPRD Karo Firman Firdaus Sitepu, Kepala Bappeda  Nasib Sianturi, Kepala Dinas Pemberdayan Perempuan dan Anak Pemkab Karo dr. Hartawati Br Tarigan, Direktur RSU Kabanjahe dr Arjuna Wijaya, Camat Merek Tomi  Sidabutar, Muspika Merek, Kepala Puskesmas UPTD Merek dr. Bartolomeus Karokaro, para pegawai Puskesmas Merek , PKK Kecamatan Merek.

Bupati mengatakan, berhasilnya pembangunan kesehatan pada hakikatnya menuntut kerja sama yang lebih sinergis antara Pemkab Karo, stakeholder dan seluruh masyarakat.

“Akreditasi Puskesmas merupakan pengakuan terhadap Puskesmas yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang telah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan,” tegas Terkelin.

Selain itu, sebut Bupati Karo, Akreditasi Puskesmas merupakan amanah Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat dan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 46 tahun 2015 tentang Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama tempat praktik Mandiri dokter dan dokter gigi.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Karo kami siap berkomitmen untuk melaksanakan dan memenuhi syarat yang wajib dipenuhi untuk memenuhi ketentuan yang ditetapkan Tim Surveyor nantinya,” imbuh Terkelin.

Bupati Karo berharap upaya yang telah dilakukan Tim Surveyor dapat memberikan pembinaan dan arahan untuk Puskesmas Merek yang akan menjalani proses Survei Akreditasi.

“Dan berharap Puskesmas yang ada di Kabupaten Karo dapat terakreditasi seluruhnya tahun 2019 yang akan datang. Pada kesempatan ini saya menyampaikan apresiasi  setinggi-tinginya kepada semua pihak yang terlibat dalam proses persiapan Akreditasi Puskesmas Merek, kerja tim yang solid, lintas sektor yang mendukung, dan juga partisipasi masyarakat. Khususnya Tim Survei Kementerian Kesehatan, kami mengharapkan apa yang sudah ibu kerjakan dapat berjalan lancar dan sukses,” pungkas Terkelin Brahmana.

Kadis Kesehatan Pemkab Karo drg. Irna Safrina Meliala menjelaskan, akreditasi ini sudah berjalan sejak bulan September 2018, telah melakukan penilaian terhadap empat Puskesmas di wilayah Kabupaten Karo.

“Tim penilaian dari Kementerian Kesehatan sudah melaksanakan tugasnya di beberapa Puskesmas di Kabupaten Karo hingga hari ini. Sudah ada empat puskesmas yang dicapai dan dilakukan penilaian  oleh Tim Suvei sebelumnya, yaitu Puskesmas Berastagi,  Puskesmas Singa,  Puskesmas Lau Baleng,  Puskesmas Mardinding,” sebut Irna Safrina Meliala.

Pada  bulan ini, Oktober 2018,  ada dua Puskesmas yang akan dimasuki disurveioleh Tim Survei Kementerian Kesehatan, yaitu salah satu saat ini Puskesmas Merek.

“Dimulai tanggal 14 Oktober sampai dengan 17 Oktober 2018, dan selanjutnya minggu depan, Puskesmas Tiga Nderket akan dinilai,” kata Irna.

Kadis Kesehatan Pemkab Karo berharap komunikasi dengan Tim Survei tidak hanya dilakukan pada saat ini saja.

“Kami berharap kehadiran ibu ke Kabupaten Karo tidak hanya saat ini saja. Namun untuk seterusnya, ibu berkenan berkomunikasi dengan kami untuk memberikan masukan dan ide. Karena ide, masukan dan pemikiran ibu sangat dibutuhkan untuk kemajuan Kabupaten Karo khususnya sektor kesehatan,” imbuh Irna.

Di acara pembukaan Survei Akreditasi Puskesmas di Kecamatan Merek Bupati Karo memberikan Uis Nipes kepada Ketua Tim Suvei Akreditasi dari Kementerian Kesehatan. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *