Bupati Karo Buka Lomba Senam Lansia Tingkat Kabupaten

oleh -1.501 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahaman dan Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Sebayang membuka "Lomba Senam Lansia" di Jambur Ndokum Siroga, Kecamatan Simpang Empat, Jumat 16 Juni 2019. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Para lanjut usia (Lansia) di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, mengikuti “Lomba Senam Lansia” yang digelar Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Karo, Jumat 16 Juni 2019, di Jambur Ndokum Siroga, Kecamatan Simpang Empat.

Bupati Karo Terkelin Brahmana dalam pembukaan lomba mengatakan, Lansia yang aktif bergerak lebih sedikit menderita gangguan kognitif, fungsi fisik, dan mentalnya juga masih terbilang baik. Manfaatkan Senam Lansia ini, sebut Terkelin, sebagai salah  satu latihan fisik yang dapat membakar kalori dan melatih otot jantung.

“Meski namanya Senam Lansia, olahraga yang satu ini ternyata juga sesuai untuk usia berapa pun dan tingkat kebugaran apapun. Hasilnya, Lansia sehat, kuat, mandiri dan produktif. Ini yang kita dambakan semua,” kata Terkelin.

Kepada para peserta lomba yang seluruhnya mengenakan seragam oranye, Terkelin berpesan agar tetap menjaga keamanan.

Berita Terkait:

Ini Olahraga Bagi Lansia Agar Tetap Sehat dan Bahagia

“Pesan saya, berlombalah namun jaga faktor keamanan di usia Lansia ini. Tujuan utama kita bukan mendapatkan hadiah, namun tujuan utama adalah kesehatan, walaupun ada hadiah yang disiapkan panitia,” kata Terkelin.

Sebelum memulai perlombaan, Bupati Karo memuji para Lansia yang mengikuti lomba yang digelar Dispora Pemkab Karo.

“Para Lansia semakin sehat, awet muda kelihatan. Seolah-olah belum berumur 50 tahun,” ujar Terkelin saat sesi foto bersama para peserta lomba.

Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Sebayang mengingatkan para peserta, bahwa  senam Lansia ini adalah senam yang  memiliki gerakan yang lebih lambat dibandingkan dengan senam aerobik pada umumnya.

Baca Berita:

Pembangunan Dua Jalan Medan-Berastagi Masuk APBN 2020

Ayah dan Anak Pendaki Gunung Sibayak Masih Dirawat

“Tadi sudah disampaikan Bupati Karo, bahwa manfaat senam Lansia antara lain meningkatkan jantung agar dapat memompa oksigen melalui darah ke seluruh tubuh dengan lebih maksimal. Sehingga kegiatan ini menjadikan Lansia sehat, kuat, mandiri dan produktif,” ungkap Cory.

Pembukaan “Lomba Senam Lansia” dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Irna Safrina Meliala, Kepala Dinas  Pemberdayaan Perempuan dan Anak  Hartawaty br Tarigan, Kepala Dinas Sosial Benyamin Sukatendel, Kepala Dinas  Perizinan Susi Iswara br Bangun, Kepala Dinas Perindang Almina br Bangun, Camat Simpang Empat Amsah Perangin-angin, Kabag Protokol Djoko Sudjarwanto, para Muspika Simpang Empat.

Kepala Dispora Karo, Robert Billy Perangin-angin menjelaskan, peserta lomba diikuti para Lansia dari 16 kecamatan di Kabupaten Karo.

“Perlombaan ini dibagi menjadi 51 regu, setiap satu regu berjumlah 12 orang, untuk ditampilkan dan berlomba. Selanjutnya akan dinilai Dewan Juri yang kami sediakan yang menentukan siapa yang akan menjadi pemenang juara I, II dan III, plus juara harapan I, II dan III,” kata Robert.

Disebutkan Robert, Dewan Juri yang terdiri dari lima orang, akan menilai penampilan tiap regu. Dalam perlombaan ini, Dispora menyediakan hadiah berupa juara I uang tunai Rp5.000.000, juara II Rp4.000.000.- juara III, Rp3.000.000.

Sedangkan untuk juara harapan I, II, dan III mendapatkan hadiah masing-masing Rp500.000.

“Hadiah ini bersumber dari APBD Karo Tahun 2019,” imbuh Robert. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *