Bupati Karo: Gunakan Dana Desa Tepat Sasaran

oleh -2.538 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana (kiri) bersama Presiden Joko Widodo di sela-sela kegiatan Temu Karya Nasional yang digelar di Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Jumat 19 Oktober 2018. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Bupati Karo Terkelin Brahmana menegaskan agar penggunaan anggaran Dana Desa di wilayah Kabupaten Karo, Sumatera Utara, digunakan tepat sasaran.

Hal ini disampaikan Bupati Karo usai menghadiri dan mendengarkan langsung  arahan Presiden Joko Widodo di acara Temu Karya Nasional 2018, pada Jumat 19 Oktober 2018,di Lptus Font Garuda Wisnu Kencana, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Baca Berita: Dana Desa Gongsol Bangun Pos Ronda Senilai Rp109 Juta

Kegiatan itu dihadiri Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi istri Ny. Sariati Terkelin Brahmana, Wakil Ketua DPRD Karo Efendi Sinukaban, Kepala Bappeda Nasib Sinturi, Kepala DPMD Abel Tarawai Tarigan, Sekretaris  DPRD Karo Petrus Ginting,  Kabid Inspektorat Janaria Br sembiring, dan  Kabid Kerjasama Ledianita Br Tarigan.

Acara Temu Karya Nasional yang dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo dirangkai dengan kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa/Kelurahan (PINDesKel) Tahun 2018, yang dilangsungkan sejak Jumat 19 Oktober 2018 hingga Senin 22 Oktober 2018.

Bupati Karo menegaskan ada sejumla poin penting yang disampaikan Presiden Joko Widodo.

“Ada beberapa poin yang  telah disampaikan Presiden kepada peserta yang hadir para gubernur, walikota, bupati terkait acara di atas. Di antaranya, agar Pembangunan Nasional harus dilaksanakan oleh setiap level pemerintahan harus ada pembagian tugas antar Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Desa dan Kelurahan,” ujar Terkelin.

Bupati juga mengungkapkan, Presiden Joko Widodo menargetkan ada peningkatan besaran Dana Desa di tahun 2019. “Direncanakan menjadi sekitar Rp 70 triliun,” ujar Bupati Karo.

Untuk Dana Desa akan dialokasikan dana operasional  sekitar 5 persen dari Dana Desa.

“Penggunaan Dana Desa tepat sasaran dan untuk pemanfaatan anggaran Dana Desa diprioritaskan masih di wilayah kabupaten,” imbuh Terkelin.

Menurut Bupati Karo, apa yang disampaikan Presiden Joko Widodo menjadi acuan untuk penggunaan Dana desa.

“Kiranya tepat sasaran di Kabupaten Karo nantinya. Oleh sebab itu Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa, Abel Tarigan harus peka dan tanggap apa yang harus diperbuat dan berbuat apa serta lakukan  sosialisasi kepada desa-desa di Kabupaten Karo sesuai materi yang diserap di atas,” pungkas Terkelin.

Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) Abel Tarigan menyatakan agara kepala desa menggunakan anggaran Dana Desa untuk pembangunan desa.

“Kepada kepala Desa dan perangkatnya terkait pesan Presiden khususnya anggaran Dana Desa dan peruntukannya untuk pembangunan di desa tepat sasaran, agar tidak bermasalah di kemudian hari,”imbuh Abel. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *