Bupati Karo Hadiri Panel 60 Tahun Pengabdian Profesor Meneth Ginting

oleh -1.220 Kali Dibaca
Bupati Karo Terkelin Brahmana (kanan) menghadiri panel Pengabdian 60 Tahun Prof Meneth Ginting (baju putih) di Ruang IMT- GT, Biro Rektor USU, Senin 15 Juli 2019. [Foto Ist | Rienews]

RIENEWS.COM – Di usia ke 79 tahun, Prof. Meneth Ginting menyelenggarakan panel diskusi “Pemantapan Jati Diri Dosen” Prof. Meneth Ginting selama 60 tahun pengabdiannya di USU Medan. Panel yang digelar di ruang IMT-GT, Biro Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), Senin 15 Juli 2019, dihadiri Bupati Karo, Terkelin Brahmana, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Karo, Eddi Surianta Surbakti.

“Saya merasa bahagia, di usia yang ke 79 tahun masih diberikan Tuhan kesehatan dan kekuatan bagi saya hidup. Di usia yang sudah tua ini, selalu tidak lupa menanamkan  dalam diri saya sejak meniti karir  agar  tabah, tekun, dan taktis,” ujar Profesor Meneth Ginting dalam sambutannya.

“Kebanggaan ini, sangat istemewa bagi saya, sebab banyak yang hadir dari berbagai kalangan profesi, alumni USU dan mahasiswa USU, para rektor USU dan para pejabat,” sebutnya.

Meneth menjelaskan selama menapaki kariernya sebagai dosen, tidak selamanya mulus.

“Dalam panel diskusi ini saya tuliskan dalam buku biografi saya, dosen itu pelita hati, dosen itu sederhana, dosen itu bahagia, dosen itu teladan, dosen itu pelaksana Tri Dharma perguruan tinggi. Dosen itu mencerdaskan kehidupan bangsa, dosen itu tawakal,” katanya.

Baca Berita:

Rianto Hanyut di Pemandian Kasanova

Bupati Karo Hadiri Halalbihalal Warga Desa Lingga

Rektor USU, Prof. DR. Runtung Sitepu melalui Wakil Rektor II  USU, Prof Muhammad Fidel Ganis Siregar, mengungkapkan,  penghormatan atas pengabdian Prof. Meneth.

“Kami dari pihak segenap komponen USU mengucapkan   penghormatan atas pengabdian Prof ini. Selama mengabdi 60 tahun di USU, cukup banyak jasa-jasanya, selama berkiprah dalam mengajar semasa dosen di USU,” kata Fidel.

Fidel menjelaskan, perjalanan Prof. Meneth mulai dari dosen di pertanian hingga pembantu Rektor di USU.

“Terus mengukir prestasi dan hingga pengabdiannya selama 60 tahun adalah pengabdian yang cukup lama dan banyak menghasilkan generasi yang telah mengecap ilmu tamatan dari USU  di bawah didikannya sebagai dosen hingga dikukuhkan guru besar,” kata Fidel.

Usai mengikuti panel, Bupati Karo Terkelin Brahmana menyebutkan Prof. Meneth Ginting merupakan sosok dosen yang benar-benar bersemangat memberikan materi kuliah dengan berbagai macam gaya dan inovasi.

“Profesor juga tidak hanya sekadar memberikan materi kuliah tetapi juga bagaimana cara membuat mahasiswa nyaman dan antusias dalam mempelajari materi tersebut,” ungkap Terkelin.

Menurutnya, selama menjadi dosen, Prof. Meneth selalu menanamkan kewajiban  untuk  mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik.

“Selain itu  sosok Prof ini tidak pelit mentransformasikan ilmu yang dimilikinya untuk penelitian dan pengabdian kepada mahasisw dan kepada masyarakat,” pungkas Terkelin. (Rep-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *